Jumat, 22 Juli 2016

Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Diketahui

Pernahkah merasakan nyeri di bagian pinggang? Meskipun terdengar sepele, ternyata penyakit ini cukup menyusahkan bagi Anda yang bekerja dengan melibatkan fisik. Sakit pinggang ini bisa dialami oleh siapa saja entah wanita, pria, muda maupun tua. Terkadang bukan hanya sakit pada bagian belakang saja, tetapi rasa sakit ini juga bisa dirasakan di daerah samping kanan atau kiri pinggang.
Sebenarnya ada beberapa penyebab yang timbulkan rasa sakit pada pinggang. Umumnya gejala sakit pinggang disebabkan karena cidera otot atau keseleo. Keadaan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah menahan suatu beban, mengangkat barang, jarang olahraga dan lain sebagainya.

Namun, berikut ini beberapa penyebab masalah sakit pinggang yang perlu diketahui:
1. Menggunakan sepatu hak tinggi

Jika Anda seorang wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels dan merasa sakit di daerah pinggang, maka sepatu Anda tersebut menjadi penyebab utamanya. Hal ini dikarenakan sepatu dengan hak tinggi umumnya akan membuat tubuh Anda berjalan dengan pinggang yang melengkung ke arah depan. Dan inilah yang akan membuat pinggang Anda menjadi sering terasa sakit dan nyeri. Bukan hanya menjadi penyebab sakit pinggang, menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit osteoarthritis atau peradangan sendi di bagian lutut. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada kondisi keseimbangan tubuh ketika berjalan. Pemakaian sepatu hak tinggi juga menyebabkan masalah di jaringan syaraf-syaraf kaki karena ujung jari yang sempit.

2. Mengangkat barang dengan tidak benar
Ketika mengangkat barang, otomatis tubuh menjadi tumpuan yang harus bekerja lebih keras, dan inilah yang seringnya menjadi penyebab sakit pinggang. Ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sakit pinggang yang disebabkan karena mengangkat barang, contohnya menggunakan kursi. Yang dimaksud menggunakan kursi adalah ketika akan mengangkat barang ke daerah yang lebih tinggi dari tubuh, Anda bisa menggunakan kursi agar barang yang diangkat dengan tubuh menjadi sejajar sehingga tidak akan menyiksa daerah pinggang dan punggung. Sedangkan saat akan mengangkat barang yang berada di bawah tubuh, maka Anda bisa jongkok dan menyejajarkan tubuh dengan barang tersebut supaya pinggang tidak bekerja terlalu keras saat akan mengangkat barang tersebut.

3. Tidur dengan alas dan posisi yang salah
Tidur dengan posisi yang salah serta alas yang tidak nyaman tentunya akan mempengaruhi keadaan tulang pinggang maupun punggung. Banyak orang yang menyepelekan posisi tidur, padahal hanya karena posisi yang salah, nantinya pinggang akan terasa nyeri dan akibatnya aktivitas sehari-hari yang harusnya dijalani dengan baik menjadi terganggu.

Itulah beberapa penyebab masalah sakit pinggang yang perlu Anda ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar