Jumat, 22 Juli 2016

Berbagai Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi merupakan tumbuhan beraroma khas yang memiliki nama latin Ocimum Basilicum. Daun kemangi sering dijadikan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma makanan, salah satunya yaitu pepes. Daun kemangi juga kerap dijadikan sebagai lalapan. Akan tetapi selain digunakan sebagai pelengkap masakan, tahukah Anda bahwa sebenarnya daun kemangi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh
Meredakan demam dan masuk angin

Daun kemangi mampu mengatasi demam dan masuk angin, caranya ambil beberapa daun kemangi lalu Anda remas bersama dengan bawang merah dan minyak kelapa. Kemudian oleskan ke bagian perut, dada dan punggung.

Menopause

Di dalam kemangi mengandung zat triptofan yang mampu menghambat menopause. Jadi, Untuk menunda masa menopause, Anda bisa mengkonsumsi daun kemangi secara rutin.

Meredakan batuk

Daun kemangi merupakan salah satu obat alami yang sering di gunakan untuk meredakan batuk. Jadi, disaat Anda merasa tenggorokan tidak enak karena batuk, maka sebaiknya Anda mengonsumsi daun kemangi ini untuk mengatasinya. Kemangi dianggap manjur untuk mengatasi batuk.

Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan sejumlah penelitian, daun kemangi memiliki kandungan magnesium dan betakaroten yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Kedua kandungan ini merupakan mineral penting yang dapat menjaga serta memelihara kesehatan jantung.

Mengatasi stroke

Daun kemangi juga mengandung isoflavon yang mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi pada pasien stroke. Jadi daun kemangi ini memang kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu pasien-pasien stroke.

Dengan mengetahui manfaat daun kemangi, Anda akan mendapat tambahan referensi obat jika suatu saat Anda atau orang disekitar Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar