Jumat, 22 Juli 2016

Tips Jitu Agar Siswa Tetap Sehat Belajar

Sebagai seorang siswa, Anda dapat membayangkan bagaimana dapat belajar dengan baik jika kondisi tubuh kurang sehat. Mungkin Anda akan sering mengantuk dan konsentrasi belajar menjadi tidak bagus. Akhirnya, prestasi belajar akan sulit dicapai dengan baik. Kondisi seperti ini tentunya bertentangan dengan keinginan Anda dan orangtua. Pasti semua siswa ingin belajar dengan baik di sekolah maupun di rumah termasuk Anda. Memang, kesehatan menjadi modal utama dalam melaksanakan aktivitas belajar. Artinya, Anda harus benar-benar sehat dan bugar untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar. Untuk mewujudkannya, Anda harus memahami bagaimana supaya tubuh tetap sehat dan bugar dan belajarpun tidak terganggu.
Olahraga yang teratur

Lakukan olahraga secara teratur, seperti jalan kaki, senam atau lari setiap pagi sebelum berangkat sekolah. Jika segan olahraga sendiri, boleh Anda mengajak teman atau tetangga. Di sekolah juga ada mata pelajaran olahraga. Ikutilah setiap rangkaian kegiatan olahraga yang diberikan guru dengan baik.

Makanan yang seimbang

Makanan yang seimbang lebih ditekankan pada kualitas ketimbang kuantitas makanan itu sendiri atau porsinya. Makanan yang seimbang adalah makanan yang mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Dan nutrisi yang lain yang tidak kalah penting adalah vitamin dan mineral. Nutrisi ini banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Buah yang cukup bagus dikonsumsi adalah apel, jeruk, pisang, pepaya dan lain sebagainya. Brokoli dan sayur bayam atau kangkung cukup baik untuk memasok berbagai vitamin untuk kesehatan tubuh. Selain makanan, Anda juga perlu minum air putih yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Istirahat yang cukup

Aktivitas belajar dari pagi sampai siang akan menguras energi tubuh dan otak. Untuk memulihkannya Anda perlu beristirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, tubuh Anda akan tetap sehat dan bugar.

Itulah tips yang cukup ampuh agar anda sebagai siswa tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar