Jumat, 22 Juli 2016

Manfaat Sehat Dibalik Mempunyai Hewan Peliharaan

Pada dasarnya hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara dengan tujuan untuk menemani manusia. Hewan peliharaan berbeda dengan hewan ternak yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau melakukan tugas tertentu. Dan belakangan diketahui bahwa mempunyai hewan peliharaan mempunyai banyak manfaat khususnya kesehartan.Jika saat ini, Anda mempunyai hewan peliharaan, berikut manfaat yang Anda dapatkan.
Mencegah Alergi Pada Anak

Kasus alergi pada anak biasanya disebabkan oleh bulu hewan. Dan dengan mempunyai hewan peliharaan terutama hewan yang berbulu, ketika anak masih kecil sudah dibiasakan dari awal untuk bersentuhan dengan bulu binatang. Hal ini dapat menyebabkan anak terbiasa dengan bulu dan mencegahnya dari alergi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang hidup dengan hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi.

Menurunkan Tekanan Darah

Seorang peneliti yang dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Buffalo, Karen Alen; menyatakan bahwa memelihara hewan peliharaan sangat bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ini dapat menghindarkan Anda dari resiko lanjutan tekanan darah tinggi yaitu stroke dan penyakit jantung.

Dapat Mengurangi Stres

Memiliki aktivitas yang padat dapat meningkatkan risiko stres dan jenuh. Banyak cara untuk mengurangi stres, salah satu adalah memiliki hewan peliharaan. Dengan melihat tingkah lucu dari hewan peliharaan tersebut akan membuat kita senang dan bisa melupakan masalah. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya dan juga memotivasi kita agar bisa mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Melatih Bertanggung Jawab

Mempunyai hewan peliharaan bukan hanya untuk dilihat saja, tetapi Anda juga punya kewajiban untuk merawat hewan tersebut. Hewan peliharaan juga makhluk hidup yang butuh makan dan minum. Dengan memiliki hewan peliharaan kita dapat belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas binatang peliharaan kita.

Menjadikan Anda Pribadi yang Lebih Baik

Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan, yaitu kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar. Secara tidak sadar kita juga punya sifat penyayang dan tidak mudah marah.

Itulah manfaat sehat yang bisa didapat ketika memelihara hewan peliharaan. Bagi yang sudah memiliki hewan peliharaan tentu merasa bersyukur melihat manfaatnya. Bagaimana dengan Anda yang belum memiliki, tertarik untuk memeliharanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar