Jumat, 22 Juli 2016

4 Tips Memilih Teman Sebangku yang Cocok di Kelas

Memilih teman disekolah khususnya teman sebangku memang susah-susah gampang. Teman sebangku itu bagaikan teman kerja yang harus bisa saling mendukung satu sama lain, harus mampu memahami kondisi satu sama lain dan siap untuk saling bantu-membantu agar kegiatan belajar di kelas bisa berlangsung dengan lancar.
Saat baru masuk kelas pertama kali, baik disaat menjadi murid baru atau setelah kenaikan kelas dan menduduki kelas yang baru, pada saat itu pulalah kita dihadapkan pada kenyataan untuk mencari teman sebangku. Untuk itu, perlu mengenali siapa saja teman yang menjadi anggota kelas, untuk kemudian menentukan dengan siapa kita akan duduk sebangku selama pembelajaran di kelas berlangsung.

Berikut kriteria teman yang baik untuk dijadikan teman sebangku di kelas:
1. Orangnya baik

Berteman dengan orang yang baik akan lebih banyak manfaatnya dibanding dengan anak yang bandal atau nakal. Biasanya, anak yang bandal akan banyak menimbulkan masalah yang akibatnya akan menimpa teman sebangkunya. Jadi, apabila tidak menginginkan terjadinya masalah lebih baik hindari duduk bersebelahan dengan mereka.

2. Bisa jadi teman dekat
Teman sebangku yang baik harusnya bisa cepat akrab dan cocok satu sama lain sehingga bisa menjadi seperti sahabat. Inti sebenarnya adalah memilih teman yang bisa diajak berkomunikasi sehingga dapat memahami keadaan satu sama lain.

3. Tidak terlalu banyak bercanda
Saat belajar di kelas tentunya membutuhkan konsentrasi yang serius untuk dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan. Jika teman sebangku kita orangnya suka bercanda, dan cenderung terlalu sering bercanda, maka akan menyebabkan terganggunya konsentrasi dan mengakibatkan kita kehilangan momen untuk memperhatikan atau mendengarkan guru saat sedang menjelaskan materi yang harus kita pelajari.

4. Cerdas dan semangat belajar
Memilih teman sebangku yang cerdas, akan membuat kita ebih yakin untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak kita pahami dalam pelajaran. Apalagi mempunyai teman sebangku yang semangat belajarnya tinggi, tentu akan turut memotivasi kita untuk bersemangat belajar juga.

Sulit memang kalau kita harus mendapatkan teman sebangku yang sempurna. Tetapi, kita juga tidak bisa menghindari untuk mendapatkan teman sebangku yang tidak sesuai dengan harapan kita. Yang paling penting justru datang dari kita sendiri, bagaimana kita mampu bersikap dalam menghadapi segala permasalahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar