Jumat, 22 Juli 2016

3 Manfaat Dibalik Mengkonsumsi Jengkol bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan jengkol? Buah ini merupakan buah yang memiliki nama latin pithecollobium labatum dan terkenal dengan aroma yang khas. Namun banyak orang yang tidak menyukai, tetapi banyak juga yang menyukai buah yang satu ini. Di indonesia makanan jengkol telah banyak diminati. Sehingga tidak heran jika jengkol telah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan macam makanan. Untuk orang-orang yang berada di suku Sunda, sudah menjadi hal biasa memakannya hanya sebagai lalapan mentah saja. Namun demikian, Jengkol di beberapa daerah bisa dimasak dengan cara dibuat gulai, atau bisa juga dijadikan kerupuk. Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, namun jengkol memiliki khasiat yang tidak banyak orang yang tahu. Jengkol mengandung serat alami yang sangat baik untuk pencernaan, selain itu juga ada beberapa kandungan yang sangat baik untuk kesehatan.
Berikut 3 manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh:
1. Obat Diabetes

Anda perlu tahu bahwa jengkol sangat baik untuk orang yang memiliki penyakit diabetes. Manfaat untuk diabetes merupakan salah satu kebaikan zat yang terkandung dalam jengkol. Kandungan zat yang ada pada jengkol ini mampu menurunkan gula darah dalam waktu yang bertahap. Untuk mendapatkan manfaatnya ini Anda bisa konsumsi jengkol secara langsung atau dengan cara mengolahnya terlebih dahulu.

2. Jantung Koroner
Penyempitan pembuluh darah yang terjadi mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol berkhasiat untuk penyakit ini. Jengkol yang di olah dengan tingkat kematangan sedang mempunyai kandungan mineral yang bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian aliran darah menuju jantung akan menjadi lebih lancar. Selain itu resiko kematian pun juga semakin teratasi.

3. Baik untuk Ibu hamil
Salah satu kandungan jengkol yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah kalsium. Dimana kalsium ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi sang janin selama dalam masa kandungan. Dengan demikian kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil akan terpenuhi.

Jadi, jangan menyepelekan buah yang memiliki aroma sangat menyengat ini. Tetapi perlu diingat, Anda juga jangan mengkonsumsi secara berlebihan, karena jengkol memiliki efek samping seperti sakit pinggang, sakit pada saat kencing dan juga bau yang menyengat pada mulut dan urine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar