Jumat, 29 Juli 2016

Pentingnya Menanamkan Nilai Sportivitas pada Anak

Sikap sportif adalah salah satu karakter yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Sikap sportif merupakan sikap mau menerima sesuatu dengan lapang dada, yaitu menerima kekalahan atau kekurangan diri sendiri dan sebaliknya mau menerima dan mengakui kelebihan dan keunggulan orang lain.
Banyak orang yang sulit menerima kekalahan dari orang lain. Begitu juga dengan menerima kelebihan dan keunggulan orang lain dalam suatu kompetisi maupun pertandingan. Ini cenderung menimbulkan konflik sosial dengan pihak luar atau pihak lain.

Memang sikap sportif adalah suatu hal yang sulit diterapkan meskipun gampang diucapkan. Perjalanan hidup manusia sesungguhnya tidak luput dari kompetisi dan persaingan. Persaingan didalam keluarga maupundengan orang lain di luar lingkungan keluarga.

Sejak dini seorang anak akan menjalani berbagai persaingan, kompetisi atau perlombaan. Persaingan merebut perhatian orang tua didalam keluarga. Persaingan mendapatkan juara didalam kelas, sampai pada persaingan yang lebih besar.

Di sinilah pentingnya peran Anda sebagai orang tua. Keteladan dan contoh orang tua menjadi hal utama dalam menanamkan nilai sportifitas pada anak. Jadi, Anda sebagai orang tua harus membiasaan diri bersikap sportif kepada anak melalui pergaulan sehari-hari anak didalam lingkungan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar