Jumat, 29 Juli 2016

Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Diketahui

Minyak zaitun merupakan minyak yang terdapat pada buah zaitun atau Olea Europaea. Dan ini merupakan salah satu minyak sehat karena mengandung lemak tidak jenuh yang tinggi. Buah zaitun dapat juga untuk dikonsumsi begitu saja. Minyak zaitun adalah minyak yang cukup sensasional di pasaran saat ini. Hal ini disebabkan oleh manfaat minyak zaitun yang banyak dalam berbagai bidang. Mulai dari kesehatan, hingga kecantikan.
Berikut ini 5 manfaat minyak zaitun yang perlu diketahui:
1. Mengurangi resiko diabetes

Minyak zaitun dipercaya mampu mengurangi resiko diabetes secara efektif. Hal ini berdasarkan atas kajian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, lemak tidak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dikandung minyak ini mampu menurunkan resiko diabetes hingga 50%. Meskipun diet rendah lemak yang banyak direkomendasikan menghambat diabetes, hasil dari mengonsumsi minyak zaitun yang notabene mengandung lemak juga, justru menunjukkan hasil yang lebih baik.

2. Mencegah kanker
Minyak zaitun mengandung cukup tinggi antioksidan, sehingga dapat mencegah serta dapat membantu untuk mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Senyawa yang bernama hidroksitirosol yang terdapat pada antioksidan sangat baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab kanker.

3. Menyehatkan usus
Senyawa yang bernama Oleuropein Aglycone dalam minyak zaitun dapat berperan dalam menjaga suplai darah ke bagian usus. Senyawa tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan pada jaringan usus yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dalam sel atau gejala iskemia.

4. Menjaga kesehatan kulit
Minyak zaitun mengandung anti oksidan yang dapat digunakan untuk mencegah kerusakan sel. Hal inilah yang dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

5. Menangkal radikal bebas
Minyak zaitun juga memiliki kandungan aktioksidan-polifenol. Zat tersebut dapat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul tidak seimbang sehingga ampuh menangkal serangan radikal bebas.

Itulah 5 manfaat dari minyak zaitun yang perlu Anda ketahui. Jadi meskipun rasanya sedikit aneh, ternyata minyak zaitun ini sangat menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar