Jumat, 29 Juli 2016

Ini 6 Tips Membersihkan Telinga dengan Benar

Telinga merupakan salah satu anggota tubuh yang perawatannya sering terlupakan, padahal untuk membersikan bagian luar telinga relatif mudah dilakukan. Jika salah metode, pembersihan telinga bagian dalam justru akan mengakibatkan kotoran yang ada di dalam telinga akan semakin terdorong ke dalam. Kotoran telinga bagian dalam umumnya berupa gumpalan lunak. Gumpalan ini merupakan produksi alami dari kelenjar minyak di dalam telinga yang justru sebenarnya berfungsi melindungi telinga. Gumpalan ini berperan untuk menangkap debu dan menjaga agar air tidak masuk ke telinga.
Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan jika berada pada kadar yang tepat. Tetapi jika terlalu banyak, kotoran telinga akan dapat menyumbat telinga hingga menyebabkan sakit hingga kehilangan pendengaran. Lalu bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang benar?

Berikut tips membersihkan telinga dengan benar.

  1. Gunakan cairan baby oil untuk membersihkan daun telinga.
  2. Hindari membersihkan telinga terlalu dalam. Anda cukup membersihkan sebatas daun telinga saja terutama jika menggunakan cotton bud. Apabila terlalu dalam akan menyebabkan kotoran terdorong dan malah menumpuk.
  3. Jika telinga Anda terasa gatal, gunakan kapas yang sudah direndam dengan air panas kemudian bersihkan bagian telinga yang gatal.
  4. Jika terdapat kotoran telinga yang mengeras di bagian dalam, gunakan cotton bud yang ujungnya seperti kail. Dianjurkan untuk memakai alat pembersih telinga yang terbuat dari logam.
  5. Jika terlalu banyak dirangsang, kelenjar minyak pencegah kotoran yang masuk dari luar akan mengeluarkan cairan atau minyak berlebih. Untuk itu, hindari membersihkan telinga terlalu sering.
  6. Apabila kotoran yang ada pada telinga menganggu pendengaran, segera periksa ke dokter THT untuk mendapat penanganan khusus.
Anda juga bisa memasukan air ke telinga ketika mandi untuk membersihkan telinga. Kemudian miringkan kepala untuk mengeluarkan airnya. Namun pastikan air yang digunakan adalah air hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar