Jumat, 29 Juli 2016

Manfaat Sehat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui

Jagung merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Jagung biasanya dikonsumsi sebagai bahan masakan, atau dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Jika Anda sebelumnya hanya menggunakan biji jagung untuk dikonsumsi sebagai bakan makanan. Ternyata ada manfaat lain dari tanaman jagung ini bagi kesehatan bahkan untuk mengobati penyakit. Salah satunya adalah rambut jagung. Anda mungkin tidak pernah mengira sebelumnya bahwa rambut jagung dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit. Karena rambut jagung ini biasanya dibuang. Bila melihat manfaatnya bagi kesehatan sudah sepatutnya bahan yang sebelumnya menjadi limbah ini kita gunakan sebaik-baiknya.
Rambut jagung ternyata mengandung banyak nutrisi bahkan diantaranya termasuk senyawa antioksidan. Nutrisi di dalam rambut jagung, seperti: flavonoid, saponin, betakaroten, kandungan lemak yang bermanfaat seperti minyak atsiri, mentol, hordenin, allantoin, geraniol, limonene, viteksin, minyak lemak, dan lain-lain. Semua kandungan nutrisi dan senyawa antioksidan yang terkandung dalam rambut jagung ampuh untuk mengobati berbagai penyakit dari penyakit yang hanya bersifat ringan sampai dengan penyakit yang bersifat berat.

Berikut penyakit yang dapat diobati dengan rambut jagung:
1. Mengobati gagal ginjal

Gagal ginjal ini termasuk penyakit yang cukup serius. Jika ginjal mengalami masalah, maka kemampuan ginjal untuk menyaring sisa makanan hasil metabolisme tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Jika ginjal sudah rusak, maka diperlukan perawatan yang cukup intensif agar organ tubuh ini dapat kembali normal. Salah satu cara alami untuk mengobatinya adalah menggunakan rambut jagung.

Caranya: Cukup sediakan segenggam rambut jagung yang kering, 10 lembar daun kumis kucing, dan 3 jengkal alang-alang. Semua bahan ini direbus dengan 3 gelas air sampai air rebusan tersisa setengahnya. Diamkan selama beberapa menit dan ramuan ini dapat diminum secara teratur.

2. Mengobati diabetes
Salah satu cara untuk meringankan penyakit diabetes adalah pola makan yang tepat supaya gula darah tidak naik. Kemunculan penyakit ini sangat rentan sekali diderita oleh orang lanjut usia, tetapi zaman sekarang ini juga perlu diwaspadai bahwa yang muda pun bisa terkena diabetes. Dimana jumlah kadar gula tidak dapat terkendali, sehingga menyebabkan penyakit yang kronis bahkan komplikasi.

Caranya: Sediakan 50-70 gram rambut jagung yang kering. Rebus dengan 3 gelas air. Tunggulah sampai air rebusan berwarna kecokelatan. Setelah itu Anda diamkan, saring, dan tuangkan ke dalam gelas. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ramuan ini dapat Anda minum dua kali sehari.

3. Mengobati darah tinggi
Darah tinggi termasuk dalam kategori masalah yang serius jika tidak ditangani sejak dini. Seperti halnya penyakit stroke, jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat dapat berujung pada kematian.

Caranya: Siapkan segenggam rambut jagung dan 5 buah bagian tongkol jagung-nya. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diamkan selama beberapa menit. Supaya hasilnya maksimal dapat Anda minum setiap hari selama seminggu.

4. Mengobati panas dalam
Panas dalam termasuk jenis penyakit yang mengganggu dan tidak mengenakkan bagi tubuh. Apalagi disaat Anda beraktivitas dan terserang panas dalam. Ada cara alami untuk meredakan panas dalam yang mengganggu, yaitu menggunakan rambut jagung.

Caranya: Sediakan sekitar 40 gram rambut jagung yang dicampur dengan beberapa iris daun pandan. Anda rebus dengan menggunakan air secukupnya. Setelah itu dapat Anda minum sampai panas dalam Anda sembuh.

5. Mengobati batu ginjal
Seperti kita ketahui jika mengalami gangguan ini tentu saja berakibat pada memburuknya kesehatan kita. Tetapi jangan kuatir, gangguan ini dapat diobati dengan menggunakan rambut jagung.

Caranya: Sediakan segenggam rambut jagung, daun keji beling secukupnya, 4 buah tongkol jagung. Rebus ketiga jenis bahan ini dengan air secukupnya sampai mendidih. Setelah itu diamkan, jika sudah dingin tuang ke dalam gelas dan minum setiap hari selama kurang lebih dua minggu. Minum sampai butiran batu ginjal keluar melalui urin dan hentikan minum ramuan jika dirasa sudah butiran batu ginjal sudah tidak keluar lagi.

Jadi, rambut jagung yang selama ini kita sepelekan dan kita buang, ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar