Jumat, 29 Juli 2016

Hati-Hati! Inilah Akibat Buruk Makan Berlebihan

Makan merupakan aktivitas seseorang untuk mendapatkan energi yang nanti digunakan untuk beraktivitas. Makanan yang dikonsumsi merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Makan yang baik adalah menerapkan pola makan yang sehat, mengandung zat gizi seimbang dan tidak berlebihan. Dalam artian sesuai dengan porsinya. Tetapi jika makan tidak terkontrol dan cenderung berlebihan inilah yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa penyakit yang timbul akibat pola makan yang tidak sehat, termasuk makan secara berlebihan.
Meningkatkan kadar gula

Akibat seseorang yang makan terlalu banyak adalah dapat meningkatkan kadar gula darah. Tentu saja hal ini tidak baik, karena akan menimbulkan masalah yang lebih serius yaitu risiko terkena diabetes. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena fungsi pankreas akan menurun karena kadar gula yang melonjak tinggi akibat dari pola makan yang tidak terkontrol ini. Diabetes dapat terjadi karena pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang mempunyai tugas membawa gula di dalam darah untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh dan diubah menjadi energi.

Gangguan pencernaan

Saat Anda makan terlalu banyak, akibatnya lambung akan terisi penuh oleh makan. Padahal dalam keadaan normal, lambung tidak boleh terisi terlampau penuh melebihi batas maksimalnya. Apabila lambung terisi banyak makanan, maka tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal sebagai organ pencernaan. Akibatnya akan timbul gangguan pencernaan, seperti: muntah, kembung, diare, sembelit, dan wasir. Akibat lain karena terlalu banyak asupan karbohidrat, tetapi sedikit mengandung serat dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Naiknya berat badan

Naiknya berat badan akan menimbulkan obesitas atau kegemukan. Hal ini terjadi karena tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan akan menyimpannya sebagai cadangan energi yang berupa lemak. Jelas sekali hal dapat memicu kenaikan berat badan, dan masalah yang lain seperti jantung dan penyakit yang timbul akibat obesitas.

Timbulnya radikal bebas

Makan yang berlebihan dan tidak terkontrol itu belum tentu sehat dan berguna bagi tubuh. Sebagai contoh banyak makanan yang diolah dengan digoreng. Banyak penelitian mengatakan bahwa makanan yang diolah dengan digoreng itu tidak baik bagi kesehatan. Karena mengandung radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti: kolesterol, stroke, penuaan dini bahkan penyakit kanker.

Asam urat tinggi

Makanan yang berlebihan terutama yang mengandung zat purin tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat. Nah, Anda pasti sudah mengatuhi bahwa asam urat yang tinggi efeknya tidak baik bagi kesehatan. Dapat mempengaruhi fungsi ginjal, menyebabkan jantung koroner, nyeri pada persendian dan yang lebih parah menyebabkan pembengkakan pada tubuh.

Jadi, bagaimana makan yang baik itu? makan yang baik adalah makan dengan porsi cukup, tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit, mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh, mengolah dengan cara yang benar, memilih jenis makanan yang tidak mengandung banyak lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar