Jumat, 29 Juli 2016

Inilah Aturan yang Tepat untuk Minum Jus

Jus adalah salah satu cara mengkonsumsi buah disamping disantap secara langsung. Mungkin dengan membuat jus maka buah akan terasa lebih segar, apalagi bila diminum pada dalam kondisi dingin dengan menambahkan es batu. Ternyata minum jus ada aturannya juga, tidak hanya asal minum. Mungkin dengan aturan ini dapat membuat jus tersebut bermanfaat secara maksimal bagi kesehatan tubuh.
Minum jus merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin dan mineral yang tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Walaupun cara membuat jus terbilang sangat gampang, tinggal masukkan buah dan nyalakan alat blender. Tetapi dengan memperhatikan cara membuat jus yang benar, maka manfaatnya akan lebih terasa.

Nah, ikuti tips berikut supaya minuman segar ini tidak sia-sia bagi tubuh Anda:
1. Jus itu bukan sebagai pengganti makanan

Di saat diet mungkin banyak orang yang mengganti makanan malam dengan minum segelas jus Tetapi bukan berarti pada saat sarapan dan makan siang Anda juga menggantinya dengan minum jus. Kebutuhan akan nutrisi tetap harus dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan lainnya. Sedangkan buah-buahan tidak akan memenuhi sebanyak 1.800 kkal atau jumlah minimum kebutuhan akan kalori setiap harinya. Apa akibatnya jika dipaksa hanya minum jus saja pada saat sarapan atau makan siang? kekebalan tubuh akan menurun.

2. Jus bukan bersifat sebagai pengganti buah
Minum jus terus-terusan dan tidak diselingi mengkonsumsi buah secara langsung juga tidak baik. Mengapa kita tetap perlu mengkonsumsi buah-buahan segar secara langsung? Karena mengkonsumsi buah segar secara langsung itu baik untuk lambung. Lambung akan bekerja ketika terjadi proses mengunyah makanan dan otomatis lambung akan bekerja dan dapat membakar 20 kkal. Oleh karena itu menyantap buah segar secara langsung bisa tetap dilakukan.

3. Jangan menyimpan jus terlalu lama
Ketika Anda selesai membuat jus, sebaiknya langsung diminum. Karena jika Anda menundanya, misal jus dibuat pada waktu pagi dan diminum di saat siang atau sore hari, hal ini akan menurunkan manfaat dari jus tersebut. Vitamin di dalam jus akan rusak karena oksigen dan juga sinar ultraviolet disekitar kita. Nah, jika Anda membuat jus dan tidak segera meminumnya maka solusinya Anda dapat meminum jus sedingin mungkin atau menyimpannya di dalam termos aluminium yang tertutup rapat. Jus dalam kondisi dingin atau tertutup rapat

4. Jus itu tidak selalu rendah kalori
Ternyata tidak semua yang rendak kalori itu dapat menunjang program diet Anda. Ingat, bahwa buah-buahan yang berkalori tinggi juga masih baik untuk kesehatan Anda, seperti halnya buah alpukat yang mempunyai kandungan 200 kkal. Jika Anda menginginkan jus buah yang rendah kalori, maka Anda dapat memilih buah jeruk, melon, apel, pir dan semangka yang kandungan kalorinya bersikar antara 80 kkal. Jika berat badan Anda berlebih, maka Anda dapat memilih buah yang rendah kalori.

5. Gunakan buah yang segar
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari jus yang Anda buat, maka sebaiknya Anda menggunakan buah-buahan yang masih dalam keadaan segar. Jika bisa Anda hindari untuk membuat jus dari buah atau sayuran yang layu, karena akan mengurangi manfaat dari jus tersebut.

6. Jus dengan menambahkan gula, susu atau madu
Memang seringkali Anda menambahkan gula, susu dan madu di dalam minuman jus Anda. Ingat dan jangan menggunakan gula atau susu sembarangan. Karena dengan takaran yang tidak pas atau terlalu banyak gula misalnya, justru membuat jus tidak bermanfaat dan menimbulkan sakit, seperti diabetes. Jika Anda memaksa menambahkan gula, ingat berapa banyak gula yang Anda konsumsi setiap harinya. Yang ideal adalah tubuh hanya boleh mendapatkan asupan 50 gram gula setiap harinya. Belum lagi makanan lain yang banyak mengandung gula seperti roti, es krim, teh manis, dan sebagainya.

Sebenarnya dengan mengkonsumsi jus dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan Anda jika menggunakan takaran yang benar. Misalnya, jus belimbing dapat digunakan untuk mengatasi penyakit darah tinggi. Just tomat untuk mengontrol gula darah. Sedangkan rematik dapat diredakan dengan jus campuran antara wortel dan mentimun. Ingat aturan diatas untuk menghasilkan jus yang berguna maksimal bagi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar