Jumat, 07 Oktober 2016

Inilah Buah-Buahan yang Baik bagi Penderita Diabetes

Diabetes atau lebih dikenal juga dengan sakit gula adalah suatu kondisi penyakit jangka panjang yang terdapat tanda-tanda yaitu kenaikan kadar gula yang cukup tinggi. Sebenarnya dalam keadaan normal, manusia mendapatkan energi dari glukosa. Nah ketika tubuh kekurangan insulin maka otomatis kadar glukosa dalam darah akan meningkatkat tajam dan menyebabkan penyakit diabetes. Umumnya penderita diabetes tidak dianjurkan makan yang manis-manis, termasuk beberapa jenis buah.
Walaupun bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah porsi dari buah-buahan tersebut dan juga lebih menghindari buah kalengan yang biasanya mengandung sirop atau gula tambahan yang lain. Kebanyakan buah segar itu mengandung indeks glikemik yang rendah yang disebabkan oleh kandungan serat dan fruktosa di dalamnya. Serat dapat berfungsi untuk mengontrol nafsu makan karena sifatnya yang mengenyangkan tanpa menaikkan kadar gula secara cepat. Untuk mendapat kandungan serat yang maksimal, cara makan buah yaitu tanpa mengupas kulitnya. Perhatikan pula total karbohidrat dalam menu makanan anda. Pada umumnya penderita diabetes memiliki batasan sekitar 45 gram karbohidrat untuk sekali makan. Seimbangkan juga antara karbohidrat dan protein.

Berikut buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:
1. Apel

Apel termasuk buah yang kaya akan serat dan berlimpah vitamin. Bahkan dalam apel kecil hanya terkandung 14 gram karbohidrat dan 54 kalori. Lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi apel sekaligus kulitnya karena bagian ini yang kaya akan antioksidan. Jangan lupa sebelum dimakan, apel dicuci bersih terlebih dahulu agar terbebas dari pestisida atau memilih jenis apel yang organik.

2. Jeruk
Anda pasti sudah mengetahui jika jeruk segar dapat memenuhi kadar vitamin C harian. Jeruk termasuk salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi karena hanya mengandung 62 kalori dan 15 gram karbodhidrat setiap buahnya. Bahkan, buah jeruk juga mengandung kadar potasium dan folat yang dapat membantu menetralkan tekanan darah.

3. Buah pir
Buah pir dengan ukuran sedang mengandung karbohidrat sebanyak 26 gram dan 100 kalori. Seperti halnya buah jeruk, buah pir mengandung serat dan potasium. Kandungan flavonoid dalam buah pir dapat membantu sensivitas insulin. Bahkan menurut Nurses’ Health Study gabungan antara buah pir dan buah apel bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan buah yang lainnya.

4. Jambu biji
Buah yang dapat membantu meringankan penyakit demam berdarah ternyata juga baik untuk penyakit diabetes, karena jambu biji ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga kaya akan serat. Sehingga dapat mengontrol penyakit diabetes.

5. Pepaya
Walaupun buah pepaya rasanya manis dan menyegarkan tetapi mengandung kadar indeks glikemik alami yang rendah sehingga dapat mengatur kadar gula di dalam darah. Penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi pepaya secara tetatur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan potasium yang tinggi dapat mencegah penyakit jantung. Sedangkan enzim papain dan senyawa karoten di dalam buah pepaya dapat bekerja untuk melawan radikal bebas.

6. Semangka
Banyak orang yang mengira bahwa semangka adalah buah yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Semangka memang memiliki kadar indeks glikemik yang tinggi, tetapi sebenarnya di dalam 1 cup semangka hanya mengandung 46 kalori dan 11,5 gram karbohidrat. Sehingga satu porsi semangka tidak meningkatkan kadar gula darah secara tajam. Bahkan semangka mengandung karotenioid likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Tetapi sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan tersebut dalam batas yang direkomendasikan. Karena mengkonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi penderita diabetes yang harus lebih bijaksana dalam menyantap makanan dan minuman, termasuk buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar