Jumat, 07 Oktober 2016

Inilah Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengobati Bintitan

Bintitan adalah salah satu penyakit yang mungkin sudah pernah dialami hampir setiap orang. Dalam dunia medis dikenal dengan hordeolum. Mata bintitan merupakan satu keadaan di mana pada bagian kelopak mata mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penginfeksi ini adalah bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri tersebut memang tidak berbahaya. Akan tetapi, bila bakteri tersebut masuk ke dalam kantung mata maka akan menimbulkan benjolan layaknya jerawat pada bagian kelopak mata.
Perlu Anda ketahui bahwa saat mengalami bintitan biasanya akan muncul rasa nyeri pada area mata. Tidak hanya itu, bila bintitan berubah menjadi pembengkakan maka akan mengakibatkan sakit kepala. Bintitan ini dapat menular kepada orang lain, melalui tangan. Sehingga pembiasaan mencuci tangan adalah cara mencegah penularan yang harus dilakukan. Selain itu, cara mengobati bintitan ini harus dilakukan, supaya infeksi dapat teratasi. Jadi perlu cara mengobati bintitan yang efektif.

Berikut cara mengobati bintitan dengan bahan alami yang dapat Anda coba:
1. Dengan air hangat

Cara ini sangatlah mudah dan alami. Manfaatkan air hangat yang kehangatannya di atas hangat kuku. Siapkan air hangat ini dalam sebuah wadah. Kemudian tambahkan garam pada air hangat tersebut. Handuk kecil yang bersih untuk alat pengompres mata Anda yang sedang mengalami bintitan. Lakukan pengompresan air hangat ini di area mata yang mengalami bintitan. Lakukan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Buktikan hasilnya dalam 3 hari.

2. Dengan bawang putih
Anda dapat menghaluskan bawang putih dan kemudian mengoleskannya pada bagian mata yang mengalami bintitan. Hati-hati saat mengoleskannya pada mata, jangan sampai terkena mata bagian dalam. Sebab akan mengakibatkan perih bila kena. Khasiat bawang putih ini adalah mengurangi dan mencegah peradangan pada mata semakin parah.

3. Dengan daun sirih
Khasiat daun sirih memang sudah dikenal lama sebagai salah satu obat herbal alami untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Cara mengobati bintitan dengan daun sirih ini dapat Anda lakukan dengan merebus daun sirih. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk memmbersihkan bagian kelopak mata yang mengalami bintitan. Sifat anti-bakteri dari daun sirih ini akan membantu mengatasi masalah bintitan yang sedang Anda alami.

4. Dengan teh celup
Siapa yang tidak mengetahui teh celup ini, salah satu jenis teh yang dikemas dengan teknik modern. Rupanya teh celup ini memiliki khasiat pula untuk mengobati bintitan. Caranya dengan menyeduh satu teh celup, kemudian gunakan kantong teh celup tersebut untuk mengompres bagian kelopak mata yang bintitan. Khasiat teh celup ini akan membantu meredakan rasa sakit pada mata bintitan.

Jadi, bagi Anda yang sedang mengalami bintitan, maka dapat mencoba salah satu bahan alami ini yaitu harus dilakukan secara rutin. Selain itu, saat mengalami bintitan maka sebaiknya kurangi intensitas keluar rumah untuk menghindari terkena debu dan mengakibatkan Anda mengucek mata, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan bintitan menjadi makin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar