Kamis, 24 Maret 2016

Manfaat Sehat Mengonsumsi Kacang Pistachio

Kacang-kacangan telah lama dikenal sebagai makanan sehat. Selain kacang tanah, kacang almond, kacang kenari, dan kacang merah, ada lagi kacang pistachio yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang pistachio sendiri adalah tanaman yang hanya bisa dibudidayakan di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan Barat. Kacang ini memiliki warna hijau yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai hiasan makanan, snack, sebagai isi untuk pie, atau dijadikan topping untuk es krim dan cake.
Kacang pistachio sendiri mengandung 45 gram lemak tidak jenuh dalam setiap satu takaran sajinya. Selain itu kacang pistachio juga tinggi akan vitamin B, A, E, C, kalsium, potasium, dan magnesium. Mau tahu manfaat kesehatan dari kacang pistachio?

Sumber Energi
Semua jenis kacang merupakan sumber energi yang baik untuk Anda, begitu pula dengan kacang pistachio. Kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya untuk menetralisir radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab lemahnya sel-sel dalam tubuh kita dan pada akhirnya akan membuat organ tubuh dan jaringan dalam tubuh ikut melemah. Selain itu, antioksidan dalam kacang ini juga dapat menghentikan reaksi berantai selular sehingga akan membuat tubuh kita terhindar dari rasa lelah.

Mengandung Lemak Sehat
Sebagian besar dari kita takut makan kacang-kacangan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Tetapi tidak untuk kacang pistachio. Kacang ini mengandung lemak sehat sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol tetapi dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Pistachio sangat kaya akan asam oleat dan asam lemak tidak jenuh tunggal dimana kedua kandungan ini membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, terlebih jika disertakan dalam diet. Selain itu, asam lemak tidak jenuh tunggal membantu dalam mencegah penyakit arteri koroner dan stroke serta menghasilkan profil lipid darah yang sehat.

Memerangi Kanker dan Infeksi
Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa seperti karoten, vitamin E dan polifenol antioksidan ada pada kacang pistachio. Senyawa-senyawa ini membantu dalam menangkal dan menghilangkan radikal bebas dan oksigen beracun dari tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit seperti infeksi dan kanker.

Menurunkan Kadar Gula dalam Darah
Pistachio tidak hanya menjadi camilan gurih dan renyah tetapi juga sangat bermanfaat dalam menurunkan tingkat gula darah. Oleh karena itu, kacang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Kacang pistachio akan memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga membantu dalam mengendalikan diabetes.

Nah, penasaran dengan rasa kacang pistachio? Meski memang agak mahal, namun tidak sia-sia dengan manfaat sehatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar