Jumat, 08 April 2016

Manfaat Sehat dari Daun Meniran untuk Tubuh

Bagi yang suka dengan tanaman tradisional, pastinya tahu dengan daun meniran. Daun meniran banyak digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu daun meniran juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Daun meniran yang seringkali digolongkan sebagai tanaman rumput atau gulma ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, lalu apa saja manfaat sehat dari daun meniran?
Mengatasi Asam Urat dan Batu Ginjal

Dalam daun meniran terdapat zat bernama flovanoid yang berperan aktif untuk mengatasi asam urat dan menyembuhkan batu ginjal. Ion K yang ada didalam daun meniran bisa mengikat kristal asam urat sehingga bisa dilarutkan dalam air seni. Selain itu daun meniran juga bersifat melancarkan keluarnya air seni.

Anti Kanker

Daun meniran menjadi tumbuhan antikanker yang bisa mencegah datangnya sel kanker. Sel kanker mampu dihancurkan oleh senyawa-senyawa yang terdapat pada daun meniran.

Obat Reumatik

Daun meniran bermanfaat juga untuk mengobati reumatik. Caranya; cuci bersih satu sendok makan daun meniran dan 7 helai daun kumis kucing, Rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas saja. Setelah dingin saring dan minum sehari sekali saja.

Mengatasi Hepatitis

Penyakit hepatitis bisa diatasi dengan daun meniran. Untuk Anda yang sedang mengidap hepatitis, Anda cukup merebus daun meniran dan meminum air rebusannya. Ambil sekitar 30-60 gram daun meniran dan rebus dengan 3 gelas air. Sisakan air hingga satu gelas saja. Kemudian saring dan setelah dingin minum sekaligus, sekali hari selama 1 minggu.

Mengobati Rabun Senja

Rabun senja juga bisa di obati dengan daun meniran, ambil 15-30 gram daun meniran lalu di tim bersama hati ayam secukupnya. Kemudian makan seperti biasa.

Itulahlah manfaat sehat dari daun meniran, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar