Jumat, 08 April 2016

Yuk Cek Kesehatan dari Kondisi Bibir

Memiliki tubuh sehat tanpa masalah tentu menjadi impian dari semua orang. Dengan tubuh yang sehat tentu akan membuat segala aktivitas menjadi lebih menyenangkan dan mengesankan. Pada dasarnya sehat atau tidaknya tubuh kita, bisa dilihat dari beberapa kondisi tubuh kita sendiri. Dan salah satu bagian tubuh yang bisa mengungkap kesehatan kita adalah bibir. Ketika bibir mengalami beberapa masalah, ini akan mengungkap kesehatan kita. Jadi, kira-kira apa saja masalah bibir yang bisa mengungkap kesehatan?
Bibir Kering

Bibir kering erat kaitannya dengan kekurangan vitamin C, kekurangan cairan dalam tubuh dan kekurangan nutrisi penting. Seorang dokter dari American Academy of Dermatology, Diane Madfes, MD mengungkapkan jika bibir kering merupakan tanda bahwa kurang terpenuhinya nutrisi penting dalam tubuh. Kondisi ini kemungkinan besar juga disebabkan oleh diet yang salah. Jika Anda mengalami bibir kering, disarankan untuk memperbaiki nutrisi yang Anda konsumsi seperti mengkonsumsi daging, telur, makanan yang mengandung seng, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Jangan lupa juga untuk makan buah dan sayur serta minum air putih cukup.

Bibir Bengkak

Ketika bibir bengkak, bisa saja tubuh saat itu sedang mengalami alergi. Seorang ahli kesehatan mulut dan gigi di Manhattan, Keith Arbeitman mengatakan; bahwa bibir bengkak adalah gejala awal ketika tubuh mengalami alergi terhadap makanan, cuaca atau serangga. Biasanya, alergi akan diikuti dengan gatal-gatal dan bentol-bentol. Jadi, jika Anda mengalami hal ini, solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah minum air kelapa, tetapi kalau alergi berlanjut, segeralah pergi ke dokter.

Sudut Bibir Terluka

Memang masalah yang satu ini jarang terjadi. Tapi, bagi Anda yang mengalaminya, disarankan agar selalu waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Sudut bibir yang mengalami luka biasanya disebabkan oleh adanya jamur atau bakteri yang muncul dari dalam mulut. Para ahli mengatakan bahwa kondisi ini sebagai tanda bahwa ada salah satu atau lebih organ dalam tubuh yang mengalami masalah atau sakit. Tidak jarang, hal ini juga menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan gusi dan gig Anda.

Jadi, pastikan Anda memiliki pola hidup yang sehat seperti istirahat dan olahraga yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar