Kamis, 24 Maret 2016

Hati-Hati! Inilah Pantangan bagi Penderita Penyakit Tipes

Tipes atau Thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus atau bisa juga ditemukan pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhi atau Salmonella Paratyphi. Penyakit tipes ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Dalam upaya untuk menyembuhkan penyakit tipes tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang ekstra. Penanganan penyakit tipus bisa melalui pengobatan medis maupun tradisional. Dalam upaya tersebut tentunya ada beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Salah satunya yaitu termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan.
Anak yang menderita tipes sebaiknya diberikan asupan makanan yang lebih selektif. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak penderita tipes. Apa saja jenis makanan tersebut?

Makanan Pedas

Makanan yang mengandung cabai sebaiknya jangan dulu diberikan pada anak jika sedang menderita penyakit tipes karena akan memperparah kondisinya. Makanan pedas bisa memperparah kesehatan usus. Jika hal itu terjadi maka kemungkinan akan terjadi pendarahan dan pembengkakan pada usus.

Makanan Berlemak

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh anak penderita tipes yaitu makanan berlemak. Hal ini karena jenis makanan ini akan sulit untuk dicerna sehingga membutuhkan banyak tenaga untuk bisa mencernanya. Kondisi tersebut tentunya tidak sebanding dengan anak penderita tipus sebab sistem pencernaan sedang mengalami gangguan. Maka dari itu sebaiknya hindarkan jenis makanan tersebut dari anak-anak penderita tipes supaya kondisinya tidak semakin parah.

Makanan Serba Asam

Hampir semua makanan yang serba asam sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita tipes, hal tersebut karena makanan yang mengandung asam ini akan mengakibatkan penyakit tipes yang yang di derita akan menjadi semakin parah. Adapun beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita dengan penyakit tipes adalah jeruk, asam jawa, belimbing, apel, dan makanan asam lainnya seperti yang Anda ketahui pada umumnya.

Minuman Mengandung Kafein dan Soda

Minuman berkafein dan bersoda memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi penderita penyakit tipes. Jika minuman tersebut dikonsumsi oleh anak penderita tipes maka akan memperparah kondisi kesehatan usus. Luka pada usus jika terkena zat asam maka akan semakin parah. Nah, kondisi tersebut tentunya akan menyebabkan penyakit tipes semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Maka dari itu jauhkan anak-anak penderita tipes dari jenis minuman yang bersoda dan mengandung gula tinggi.

Jangan menyepelekan gejala penyakit tipes karena beresiko terhadap tumbuh kembang anak. Dalam upaya membantu penyembuhan penyakit tipeus pada anak, maka berikanlah asupan makanan yang bergizi. Anda harus selektif untuk memberikan asupan makanan, hindari kategori makanan diatas untuk menghindari gejala yang lebih serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar