Kamis, 09 Juni 2016

Manfaat Sehat di Balik Berpuasa untuk Tubuh

Bulan puasa merupakan saat yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia untuk semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta. Terlepas puasa sebagai perintah wajib yang harus dilaksanakan, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Puasa adalah sesuatu yang baik bila dilakukan dengan aturan yang benar. Selain membersihkan hati dan fikiran, berpuasa juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh kita dari racun-racun.
Berikut beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.
1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Salah satu penyakit yang paling mematikan adalah sakit jantung. Dan berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab mengatakan bahwa orang yang berpuasa akan mengalami pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah akan meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

3. Mengontrol berat badan
Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu Anda melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Berpuasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh atau mendetoksifikasi. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

5. Mencegah diabetes
Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa , mengkonsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat dikontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes.

Itulah manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Jadi, dengan berpuasa maka tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar