Kamis, 09 Juni 2016

Ini Kegiatan Rumah yang Bisa Mengasah Kemampuan Otak Anak

Perkembangan otak anak merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh orangtua. Namun, sayangnya orangtua cenderung hanya memperhatikan kecerdasan dan pengetahuan anak. Padahal sebenarnya, ada empat aspek yang perlu diperhatikan jika membicarakan perkembangan otak anak yaitu kemampuan anak berkonsentrasi, pengendalian impuls, daya ingat serta kemampuan perencanaan anak. Keempat aspek ini dapat dilatih dengan melakukan berbagai kegiatan di rumah . Kegiatan ini tidak hanya melatih otak anak, tapi juga mempererat hubungan Anda sebagai orangtua dengan anak.
Berikut kegiatan rumah yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan otak anak:
1. Bercerita

Bercerita ternyata lebih dari sekadar pengantar tidur anak. Ketika anak mendengarkan Anda bercerita, anak akan terlatih memberikan atensi atau berkonsentrasi pada apa yang Anda katakan. Bahkan ketika buku cerita yang bergambar yang Anda pilih, otaknya akan semakin terasah dan meningkatkan kemampuan mengingat.

2. Belajar menerka sesuatu
Coba Anda isi sebuah kantung dengan beberapa jenis mainan. Anda dapat memberikan tema dari mainan tersebut, misalnya hewan, alat transportasi, dan sebagainya. Lalu tantang anak untuk menebak beberapa mainan yang ada di dalam kantung dengan cara merabanya dari luar kantung ataupun dari dalam dan menyuruhnya untuk menutup mata. Permainan ini membutuhkan daya ingat serta kemampuan anak untuk menghubungkan informasi sensor anak dengan pengetahuannya terhadap bentuk tersebut.

3. Menggambar dan mewarnai
Saat menggambar dan mewarnai, anak-anak diharuskan untuk berkonsentrasi. Anak-anak pun melibatkan semua anggota tubuh, pikiran serta perasaan secara bersamaan sehingga membuat anak memahami bagaimana menggunakan kekuatan otak saat melakukan aktivitas ini.

4. Ciptakan taman bermain sendiri bagi anak
Anda tidak harus pergi ke taman bermain untuk bermain rintangan bersama anak. Anda dapat menyusun taman bermain karya Anda sendiri dengan menggunakan beberapa barang di rumah seperti kursi, meja, dan lain-lainnya. Permainan ini menantang anak untuk berpikir kreatif dalam menghadapi rintangan yang berbeda-beda dalam usaha mencapai garis finish. Kegiatan ini juga dapat melatih anak dalam mengontrol gerak tubuh serta merencanakan pergerakan fisiknya.

5. Ajak anak untuk memasak bersama
Tidak dapat dipungkiri anak-anak sangat suka dengan makanan. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan mengajak anak membuat kue bersama-sama. Memasak dengan mengikuti sebuah resep akan melatih anak untuk bekerja dengan perencanaan dan terus memperhatikan langkah-langkah selanjutnya dalam perencanaan tersebut.

Masih banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan orang tua. Intinya ialah latih anak Anda untuk mengenal banyak hal terutama yang ia sukai dan kreasikan dengan cara mengasyikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar