Kamis, 09 Juni 2016

5 Cara Ampuh Menggali Bakat Anak

Sebagian anak-anak cenderung dibesarkan dengan keterbatasan, seperti melarangan bermain di luar, sehingga proses tumbuh kembangnya menjadi lambat. Padahal, anak-anak memiliki pontensi mengeksplorasi diri yang sangat besar. Jika anak-anak diberi kebebasan terarah, disitulah anak-anak dapat menemukan minat, bakat, dan kemampuannya. Memperkenalkan anak pada berbagai hal menjadi salah satu cara untuk mengetahui minat dan bakat anak.
Tidak ada salahnya jika mengajak anak menonton konser musik, teater, pertunjukan tari, atau ke museum. Kegiatan ini tidak hanya menghibur dan mengisi waktu luang, tetapi juga dapat membuka wawasan anak. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali dahulu bakat yang dimiliki oleh anak sejak lahir, agar bisa dioptimalkan.

Berikut cara menggali bakat anak sehingga Anda dapat menentukan cita-cita anak:
1. Mengenalkan Dunia

Kenalkan dunia baru kepada anak-anak Anda dengan cara mengajak anak pergi ke suatu tempat. Di sana anak akan bertemu dengan berbagai orang dan hal baru yang dapat memperluas pengetahuannya.

2. Beri Tantangan
Tantangan yang diberikan kepada anak dimaksudkan agar anak-anak lebih luas pemikirannya dan mampu mencari solusi atas permasalahan yang akan dihadapinya, sehingga anak-anak akan terbiasa berpikir lebih rasional.

3. Beri dukungan
Berikan arahan, dukungan dan bimbingan pada anak agar tumbuh rasa percaya dirinya sehingga ia akan berjuang untuk mewujudkannya, walau anak tidak mencapai cita-cita yang ia harapkan.

4. Mengenalkan Tokoh Terkenal
Tidak ada salahnya bila anak-anak mengagumi tokoh-tokoh tertentu. Sikapilah secara bijak dengan menceritakan bagaimana tokoh idolanya berprestasi dan bagaimana tokoh itu memulai karirnya. Sehingga akan menjadi masukan positif bagi anak, yang akan selalu diingatnya.

5. Bermain Peran
bermain peran merupakan salah satu cara untuk mengasah kreativitas anak. Biasanya anak-anak akan melakukan permainan peran ini secara nalurinya. Namun, lebih baik lagi bila Anda ikut membuat skenario tertentu untuk dimainkan bersama dengan teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar