Kamis, 09 Juni 2016

5 Cara Mengajari Anak Berpuasa

Puasa merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT bagi umat Islam. Bahkan diantara 5 rukun islam, berpuasa merupakan salah satu ibadah yang mulia. Bulan ramadhan biasanya menjadi ajang pembelajaran bagi anak-anak untuk merasakan bagaimana kehidupan orang yang tidak mampu. Bagi anak-anak yang baru mulai berpuasa, sebaiknya Anda mengajarkan cara berpuasa sejak dini agar terbiasa hingga dewasa kelak. Mengajari anak berpuasa cukup gampang-gampang susah.
Berikut 5 cara mengajari anak untuk berpuasa:
1. Jelaskan kewajiban berpuasa

Sebelum memerintahkan anak untuk berpuasa, sebaiknya Anda mengajari anak Anda tentang kewajiban berpuasa, apa saja yang harus dilakukan selama berpuasa serta manfaat berpuasa bagi dirinya.

2. Berikan makanan yang bergizi
Makanan bergizi membantu anak Anda agar tetap kuat untuk menjalani ibadah puasa hingga waktu berbuka tiba. Berilah segala macam makanan bergizi dan berenergi. Sebaiknya Anda menghindari makanan junk food karena kurang baik untuk sahur ramadhan.

3. Lakukan latihan bertahap
Anak sebaiknya dilatih berpuasa secara bertahap seperti puasa 10 hari pertama sampai jam 10 pagi, kemudian 10 hari selanjutnya sampai jam 12, nah 10 hari terakhir baru Anda coba berpuasa full. Tetapi bila anak Anda tidak sanggup, silahkan latih pada tahun depan.

4. Buatkan menu favorit
Makan di waktu subuh bukanlah hal yang mudah sebab waktu itu bukan waktu makan normal sehingga kita tidak sedikit yang merasa malas makan. Demikian pula halnya anak, untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda membuatkan menu makanan yang disukai anak sehingga ia tetap ingin bangun sahur setiap hari.

5. Berikan hadiah
Hadiah merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi seorang anak. Berilah hadiah khusus sesuai perjanjian apabila anak Anda sanggup melewati target puasanya. Tujuan dari hadiah ini adalah agar anak Anda semakin bersemangat dalam menjalani ibadah puasanya.

Itulah 5 cara mengajari anak untuk berpuasa. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar