Kamis, 16 Juni 2016

5 Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Menjalani puasa selama 1 bulan penuh tentu menjadi tantangan tersendiri. Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentu saat berbuka Anda ingin menyantap makan-makanan yang lezat. Namun banyak orang melupakan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh. Bila Anda makan-makanan yang tidak membantu menjaga kondisi tubuh Anda maka bisa saja Anda malah terkena penyakit seperti maag, kurang vitamin dan lain-lain. Selama menjalankan ibadah puasa dianjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan sehat berikut ini.
1. Beras merah

Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah dari gula dibanding dengan nasi putih. Mengonsumsi nasi merah membuat kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula. Jadi, nasi merah sangat baik dikonsumsi untuk buka puasa ataupun saat sahur.

2. Oat

Bila Anda menghindari makan nasi putih maupun nasi merah, jangan lantas Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat apapun untuk berbuka. Anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan mempunyai serat yang tinggi. Makanan yang berserat tinggi baik dimakan untuk buka puasa.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau dibutuhkan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Sayur hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak terlampau keras bekerja untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Memasak sayuran hijau pun cukup ditumis dan jangan sampai layu karena akan banyak kandungan bermanfaatnya yang hilang.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan dianjurkan untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur hijau dicampur dengan kacang-kacangan. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.

5. Ikan

Makan ikan juga bisa menjadi asupan nutrisi yang diperlukan untuk Anda yang berpuasa. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung. Anda bisa memilih jenis ikan seperti ikan salmon, ikan nila, tuna sebagai menu buka puasa.

Menjaga kesehatan selama puasa bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, yaitu menu berbuka puasa yang sehat. Yuk jaga kesehatan selama bulan puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar