Kamis, 16 Juni 2016

Yuk Cek Kesehatan dari Kondisi Lidah Anda

Saat sakit dan pergi ke dokter, tidak heran jika yang pertama kali diperiksa adalah lidah dan mata. Hal ini karena dokter bisa mendeteksi jenis penyakit Anda melalui kondisi lidah. Lidah tidak sekedar hanya untuk mengecap rasa makanan saja, namun bisa digunakan sebagai alat untuk mendeteksi kondisi fisik seseorang. Dan dengan melihat kondisi lidah maka bisa diketahui kondisi kesehatan Anda secara alami. Lidah yang sehat tentunya cerminan bahwa tubuh Anda juga dalam keadaan sehat serta terbebas dari berbagai penyakit yang berbahaya. Lalu apa saja ciri dan kondisi lidah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh?
Cerah Kemerahan

Apabila lidah Anda berwarna merah cerah maka bisa menjadi salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan seperti anemia dan demam berdarah. Lidah yang berwarna merah adalah tanda kekurangan vitamin B12 untuk pembentukan sel-sel darah merah. Anemia biasanya akan menyebabkan Anda merasa kelelahan. Maka dari itu untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau zat besi untuk mendukung produksi sel-sel darah merah. Pada dasarnya lidah orang normal dan sehat berwarna pink

Putih Seperti Krim

Kondisi ini identik terjadi pada orang tua dan bayi atau dengan kata lain orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah yang manandakan bahwa ada infeksi jamur pada lidah atau mulut Anda. Pertumbuhan jamur ini dipicu oleh obesitas, pemakaian obat kontrasepsi ataupun gangguan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Bahkan orang yang memiliki penyakit diabetes beresiko mengalami gangguan ini.

Lidah Berwarna Ungu

Warna ungu mengindikasikan bahwa sirkulasi darah tidak lancar atau terhambat. Hal ini bisa berkaitan dengan penyakit kardiovaskuler atau akibat penumpukan kolesterol yang menghambat sirkulasi darah.

Kekuning-kuningan

Lidah yang berwarna kekuning-kuningan merupakan salah satu tanda bahwa panas tubuh Anda tidak stabil, sehingga hal ini perlu diseimbangkan atau di obati dengan cara tradisional maupun pengobatan medis.

Luka Pada Lidah

Luka kecil pada lidah biasanya muncul secara tiba-tiba bahkan tidak diketahui penyebabnya. Kondisi tersebut tidak jarang mengindikasikan akan timbulnya gejala sariawan. Dan jalan keluarnya adalah perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Jadi, biasakanlah untuk menjaga kebersihan mulut supaya lidah dalam keadaan sehat selalu. Selain itu perbanyak asupan makanan yang bergizi dalam menunjang kesehatan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar