Selasa, 15 Desember 2015

Manfaat Dibalik Mengajarkan Anak Melakukan Tugas Rumah Tangga

Mendidik anak merupakan pekerjaan orang tua yang paling menentukan masa depan anak. Apa yang orang tua ajarkan akan membentuk watak anak dalam kehidupannya. Memberi anak tugas rumah tangga merupakan salah satu cara mendidik anak. Tentu saja, dengan memperhitungkan juga usia dan kemampuannya. Meskipun akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan mereka, ketahui juga bahwa mengajarkan hal ini sejak mereka kecil akan berguna bagi masa depannya terutama dalam pengembangan diri.
Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan mengajarkan anak melakukan tugas rumah:
1. Melatih anak bertanggung jawab

Dengan memiliki pekerjaan rumah tangganya sendiri, mereka akan belajar cara menyelesaikannya dengan bertanggung jawab. Ini sekaligus membuat mereka tahu pentingnya peran tiap orang dalam keluarga menyelasikan pekerjaan rumahnya masing-masing.

2. Melatih kemandirian dan percaya diri
Melakukan tugas rumah tangga membantu anak bekerja secara efisien dan melatih kemandirian. Mereka juga akan terbiasa mengelola segala situasi melalui upayanya sehingga memotivasi sang anak mendapat hasil yang bermanfaat dari kerja keras mereka.

3. Meningkatkan rasa kekeluargaan
Melakukan pekerjaan rumah tangga bersama-sama akan menciptakan semangat tim dalam keluarga sekaligus meningkatkan ikatan antaranggota keluarga. Tambah lagi, ini akan membantu anak merasa senang mengerjakan tugasnya.

4. Mengajar mereka menghargai orang lain
Dimulai dari lingkup terkecil, mengajar anak melakukan tugas rumah tangga akan membuatnya paham peran penting setiap anggota keluarga dalam menyelesaikan tugasnya. Mereka akan mengerti bahwa tiap orang punya tanggung jawab sendiri. Ini akan menjadikannya pribadi yang lebih mudah berempati, meghargai orang lain, dan tidak memberatkan sekitarnya.

5. Mengembangkan keterampilan
Mengetahui keterampilan hidup dasar sangat penting dimiliki anak untuk menghadapi masa dewasanya. Dengan tahu bahwa mereka bisa menyelesaikan sebagian besar pekerjaan rumah tangga sendirian seperti mencuci, membersihkan rumah, hingga memasak, mereka juga memilki keyakinan untuk bisa mengembangkan keterampilan lain.

Jadi, selain mengembangkan kemampuan akademiknya, ajarkan dan biasakan juga anakmu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sesuai kemampuannya sejak dini. Mulailah dari urusan yang berkaitan dengannya, hingga hal yang lebih besar seiring perkembangannya agar manfaat baik melakukan pekerjaan rumah tangga bisa mereka peroleh.

Oleh: Josua M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar