Selasa, 15 Desember 2015

Tips Seorang Guru Menguasai Kelas dengan Baik

Seorang pendidik tidak cukup hanya dibekali dengan keilmuan akademik saja, tetapi juga harus dibekali metode dan teknik menguasai situasi kelas dalam proses belajar mengajar. Karena itu bila saja pendidik tidak mampu menguasai situasi kelas maka otomatis pendidik atau guru tersebut tidak mampu mentransferkan ilmu pengetahuannya secara maksimal kepada anak didiknya. Pembelajaran akan berjalan efektif dan efisien apabila guru dapat mengelola kelas dengan baik. Ruangan kelas beserta siswa dapat dikendalikan sepenuhnya oleh guru.
Namun penguasaan kelas disini tidak hanya bersifat fisik. Yang tidak kalah penting adalah suasana psikologis siswa yang berada di kelas.Tentu saja pekerjaan ini tidaklah mudah dilakukan. Sebab guru bukan berhadapan dengan benda mati atau objek yang mudah dikendalikan. Yang dihadapi guru adalah individu yang dinamis dan heterogen. Pribadi yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Siswa yang berlatar belakang keluarga dan kemampuan intelektual berbeda. Oleh sebab itu diperlukan usaha dan upaya berkelanjutan dan kesabaran yang luar biasa.

Menggunakan metode mengajar yang sesuai
Metode mengajar adalah cara untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa dan materi pelajaran akan mempermudah siswa menyerap materi yang disampaikan. Perhatian siswa akan terpusat pada apa yang sedang dipelajari.

Menguasai materi yang akan diajarkan
Menguasai materi pelajaran berarti memperlancar proses komunikasi antara guru dan siswa. Perhatian guru dapat dipusatkan pada siswa ketika menerangkan. Jika guru kurang menguasai materi yang akan diajarkan maka pembelajaran akan tersendat-sendat. Resikonya konsentrasi siswa jadi buyar sehingga memungkinkan timbulnya prilaku siswa menyimpang.

Menjalin hubungan sosial yang sehat
Komunikasi guru dan siswa yang sehat dan harmonis akan menimbulkan sikap saling menghargai dalam pembelajaran. Ketika guru sedang berbicara siswa akan mendengar dengan penuh perhatian. Begitu pula sebaliknya, ketika siswa berbicara atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan, semestinya guru diam dan mendengar penuh perhatian.

Memantau semua siswa
Agar dapat menguasai kelas dengan baik guru perlu memantau siswa dari segala penjuru ruangan kelas. Ini bukan berarti guru harus mondar-mandir dari satu posisi ke posisi lain. Pemantauan siswa lebih dekat dapat dilakukan dengan berganti posisi berdiri dalam rentang waktu tertentu. Dengan demikian semua siswa merasa diperhatikan oleh guru.

Menampilkan sifat fleksibel
Harapan murid kebanyakan kepada guru adalah agar guru mengajar dengan fleksibel. Ada selingan humor sehingga suasana belajar tidak kaku. Namun jika berlebihan justru bisa jadi menimbulkan suasana gaduh. Sifat fleksibel guru ketika mengajar terlihat dari nada dan irama pembelajaran yang dijalankan guru.

Oleh: Josua M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar