Selasa, 15 Desember 2015

5 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bahan jamu. Temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir mirip dengan kunyit. Di beberapa daerah temulawak disebut sebagai koneng gede. Tanaman ini asli dari Indonesia khususnya pulau Jawa. Namun seiring perkembangan zaman dimana banyaknya manfaat temulawak sehingga tanaman ini juga dapat ditemukan dikawasan asia tenggara lainnya seperti china, india, jepang dan korea.
Nah, untuk bagian yang memang banyak di manfaatkan untuk di jadikan sebagai ramuan atau obat herbal yaitu bagian akar atau juga sering di sebut dengan rimpang. Dan akar inilah yang nantinya bisa diolah menjadi obat herbal, dan cara untuk mengolahnya pun tidaklah sama.

Berikut beberapa khasiat temulawak bagi kesehatan tubuh:
1. Menangkal radikal bebas

Temulawak memiliki kandungan gizi yang sangatlah banyak, maka dari itu, temulawak juga mampu menangkal radikal bebas yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih kebal dari serangan berbagai jenis penyakit. Selain itu, kandungan kurkuminoid yang terdapat pada temulawak juga sangat bagus untuk melarutkan lemak darah yang ada di dalam tubuh. Sehingga, dengan Anda rutin mengkonsumsi air temulawak, mampu mengusir kolesterol jahat bahkan bisa menurunkan trigliserida.

2. Menjaga fungsi hati
Temulawak juga memiliki kandungan kalogoga yang bisa memberikan pengaruh yang cukup besar untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Manfaat temulawak ini juga berfungsi untuk mengatur kerja bagaimana menghasilkan cairan empedu yang ada di dalam hati serta sebagai pemicu agar kandungan empedu bisa dikosongkan.

3. Temulawak juga bisa mengobati jantung
Ada beberapa diantaranya orang-orang yang memang mengalami masalah dengan jantung mereka. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa rutin mengkonsumsi air rebusan temulawak, maka dengan cara ini permasalahan jantung bisa Anda atasi dengan cepat.

4 Menjaga kesehatan ginjal
Temulawak juga kerap kali di jadikan sebagai alternatif obat herbal guna mengatasi penyakit ginjal. Nah, kinerja ginjal yang tengah bermasalah pastinya bisa di atasi dengan mengkonsumsi rebusan air temulawak ini. Dan manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal ini sangatlah besar, Anda Anda bisa mencobanya ketika Anda memiliki masalah dengan ginjal yang Anda miliki.

5. Melancarkan ASI
Mengkonsumsi rebusan air temulawak ternyata mampu memperlancar serta meningkatkan ASI. Bahkan untuk membuatnya pun sangat mudah, pertama-tama temulawak di haluskan atau bahkan di parut, setelah itu direbus. Untuk meminumnya, Anda bisa mencampurkannya dengan satu sendok makan kedalam satu gelas air rebusan temulawak, setelah itu minumlah secara rutin paling tidak dua kali dalam satu hari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh temulawak untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, jika Anda memiliki masalah dalam kesehatan, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi air rebusan temulawak.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar