Kamis, 21 April 2016

Tips Sukses bagi Siswa dalam Belajar

Suksesnya belajar seorang siswa ditandai dengan perolehan prestasi yang memuaskan. Dan yang penting siswa mampu menunjukkan sikap dan tingkah laku baik kepada siapa saja. Kemudian memiliki kecakapan dasar sesuai tahap perkembangan berpikir. Kecakapan ini kelak akan dikembangkan sesuai minat dan bakat siswa itu sendiri. Itulah yang dikatakan indikator siswa yang telah menguasai rahasia sukses belajar. Indikasi tersebut didasarkan pada pengertian belajar. Belajar adalah usaha untuk mengubah pengetahuan, sikap dan tingkah lakudan keterampilan. Lalu, bagaimana tips meraih kesuksesan belajar tersebut?
Taat dan rajin ibadah

Kepribadian seorang siswa yang rajin beribadah berpeluang lebih sukses dalam belajar. Hal ini cukup beralasan, siswa yang taat dan rajin beribadah memiliki keterkaitan batin yang kuat dengan Penciptanya dalam mewujudkan semua upaya meraih kesuksesan. Siswa meyakini kalau setiap usahanya akan diridhoi oleh yang Maha Kuasa.

Menguasai cara belajar yang baik

Rajin dan tekun dalam belajar itu penting. Namun yang lebih penting lagi adalah menguasai cara belajar yang baik, efektif dan efisien sehingga mudah untuk mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. Strategi belajar yang baik akan mengantarkan seorang siswa pada kesuksesan belajar.

Jaga kesehatan

Selanjutnya adalah menjaga kesehatan. Karena jika tubuh sering mengalami gangguan kesehatan, agak sulit bagi siswa untuk meraih kesuksesan belajar. Konsentrasi siswa akan terganggu karena kesehatan tubuh yang menurun. Oleh sebab itu, siswa benar-benar perlu menjaga kesehatan dengan olah raga dan istirahat serta mengkonsumsi gizi yang cukup.

Dukungan orang tua

Orang tua tidak hanya menyerahkan anak-anak ke sekolah. Tugas Anda sebagai orang tua justru lebih berat. Beratnya tugas ini bukan karena masalah biaya pendidikan anak. Melainkan untuk mendorong kemauan dan kemajuan belajar anak di rumah. Orang tua perlu menciptakan suasana belajar kondusif di rumah.

Itulah hal penting sebagai tips agar siswa sukses dalam belajar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar