Kamis, 21 April 2016

Ini 4 Cara Menghadapi Anak Nakal

Tidak ada seorang pun orangtua yang ingin memiliki anak nakal, karena semua orangtua pastinya menginginkan seorang anak yang baik, pintar, dan penurut. Namun tidak semua anak bisa seperti itu, apalagi di zaman sekarang yang memudahkan anak untuk menemukan kehidupannya sendiri sebelum waktunya yang tepat, apalagi saat ini banyak berbagai macam alat canggih yang banyak beredar. Sebenarnya banyak penyebab yang bisa membuat anak nakal, salah satunya adalah cara yang salah mendidik yang diberikan oleh orangtua sejak dini. Menjadi orangtua itu tidaklah gampang, orangtua harus benar-benar memperhatikan serta mengatasi anak nakal dengan baik. Dan berikut ini 4 cara untuk menghadapi anak nakal.
1. Berikan Contoh

Ketika anak nakal, dan Anda sebagai orangtua malah membentaknya tanpa memberikan satu contoh yang baik itu bukanlah satu cara yang benar untuk di gunakan dalam menghadapi anak nakal, dikarenakan hal ini justru akan membuat anak menjadi semakin nakal. Maka dari itu, Anda memberikan satu contoh yang tepat, dan Anda juga bisa melakukan pendekatan secara pribadi guna memperdekat hubungan antara orangtua dan anak.

2. Bersikaplah yang tenang

Ketika anak melakukan kesalahan atau perbuatan yang membuat Anda malu, maka sebaiknya Anda sebagai orangtua tetap tenang menghadapinya. Karena jika Anda mengatasinya dengan cara yang tidak tenang, alih-alih mendidik anak dan membuat jera malah meluapkan semua emosi kepada anak yang justru tidaklah baik untuk psikologisnya.

3. Bicara dengan baik

Ketika anak melakukan kesalahan, maka sebaiknya bicaralah dengan baik, karena membentak hanya akan membuat psikologis anak menjadi tidak baik, apalagi ketika Anda sebagai orangtua sering membentaknya.

4. Pendidikan Agama

Terakhir yang harus di dapatkan oleh anak yaitu pendidikan agama, karena ini merupakan satu hal yang penting daripada beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, pendidikan agama merupakan pendidikan yang sangatlah tepat dan baik untuk mengatasi anak nakal.

Pada intinya penyebab anak menjadi nakal banyak dipengaruhi oleh orangtua yang salah dalam menerapkan pola asuh pada anak. Untuk itu, pola asuh Anda dalam mendidik anak akan menentukan karakter mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar