Kamis, 21 April 2016

Bantu Anak Mengerjakan PR dengan Cara Berikut

PR atau pekerjaan rumah adalah salah satu tugas yang diberikan oleh guru kepada muridnya. Namun banyaknya PR yang di berikan guru seringkali membuat anak merasa stres. Hal ini kemudian akan membuat Anda sebagai orang tua berniat membantu mengerjakan PR anak. Namun seringkali orang tua juga bingung jika akan membantu anaknya. Karena pelajaran yang sering berubah dan orang tua yang kurang mengikuti perkembangan membuat orang tua sulit untuk mengikuti pelajaran anaknya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda orang tua agar selalu mengikuti perkembangan pelajaran anaknya. Tapi pasti selalu ada jalan bagi Anda ingin membantu anak untuk menyelesaikan PRnya.
Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak mengerjakan PR:
1. Cari tahu hal yang diinginkan guru

Sebagai orang tua, usahakan untuk selalu menjalin komunikasi dengan guru anak Anda. Dengan ini Anda bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi harapan dan keinginan seorang guru kepada anak Anda. Anda juga harus tahu cara mengerjakan tugas yang diberikan pada anak. Menjalin komunikasi dengan guru juga akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak dalam sekolah.

2. Cukup hanya mengawasi anak
Ingat bahwa PR adalah tugas yang harus diselesaikan oleh anak sendiri. Jadi, jangan pernah mencoba untuk memberikan jawaban kepada anak karena hal tersebut akan membuatnya semakin malas. Yang perlu dilakukan hanyalah memberikan bantuan ketika dia mengalami masalah. Bantuan yang berikan juga hanya dengan memberi tahunya cara untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Setelah PRnya selesai, Anda bisa memeriksanya dan mengoreksi jika ada yang salah.

3. Sediakan tempat belajar
Pastikan kalau tempat tersebut bisa membuat anak merasa nyaman dan betah mengerjakan PRnya. Pastikan juga anak terlibat dalam pemilihan ruangan tempat belajarnya. Sediakan juga fasilitas yang dibutuhkan anak dalam belajar, seperti perlengkapan sekolah atau komputer, yang bisa anak gunakan untuk mencari informasi dari internet.

Perhatian Anda sebagai orang tua adalah kunci utama untuk membantu anak mengerjakan PR. Anak akan merasa terbantu ketika Anda selalu menyemangati serta memberikan perhatian padanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar