Kamis, 21 April 2016

3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Organ vital dalam tubuh yang berfungsi dalam mengatur pernafasan adalah paru-paru. Paru-paru yang sehat dan akan mengalirkan oksigen atau udara ke seluruh tubuh dengan baik. Sebaliknya jika kondisi paru-paru tidak sehat maka berpotensi menyebabkan penyakit. Jadi, menjaga kesehatan paru-paru merupakan salah satu hal yang sangat penting.
Cara menjaga kesehatan paru-paru terbilang sangat mudah yaitu dengan menghirup udara segar, bersih dan menghindari zat-zat berbahaya seperti polusi udara. Kualitas udara yang kita hirup sangat menentukan kondisi kesehatan didalam tubuh. Apabila salah satu organ kekurangan oksigen maka bisa dipastikan fungsinya tidak akan berjalan dengan baik. Jika Kadar oksigen dalam dalam darah berkurang secara drastis maka berpotensi menyebabkan penyakit anemia.

Nah, berikut 3 cara menjaga kesehatan paru-paru:
1. Hindari Merokok

Cara pertama menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang akan merusak kualitas udara yang kita hirup. Nah, zat-zat tersebut akan mengganggu kinerja dari paru-paru. Oleh karena itu sebaiknya kebiasaan merokok ditinggalkan mulai saat ini juga karena dampaknya sangat fatal untuk kesehatan tubuh, terutama organ pernafasan seperti paru-paru. Mulailah untuk membiasakan hidup sehat dengan kualitas udara yang segar dan bersih.

2. Jaga Kebersihan
Salah satu hal penting dalam kehidupan adalah menjaga kebersihan. Jadi, jika kebersihan terjaga dengan baik maka Anda akan terhindar dari resiko infeksi penyakit berbahaya. Mulailah berperilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari dan hindari polusi udara yang bisa membahayakan kesehatan paru-paru, baik itu dari polusi asap kendaraan, rokok ataupun polusi asap pabrik.

3. Menjaga Asupan Nutrisi
Selanjutnya dengan menjaga asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan akan meningkatkan imun tubuh sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya terutama pada paru-paru. Jadi, perbanyak konsumsi buah dan sayur karena buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang akan membantu menghadang radikal bebas yang masuk ke tubuh. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan bebas dari penyakit adalah pola hidup sehat.

Sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, maka merupakan tanggung jawab kita untuk menjaga kesehatan paru-paru. Cobalah untuk menerapkan cara ini agar paru-paru Anda terhindar dari masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar