Rabu, 30 Desember 2015

Tips Nyaman Mengajak Si Kecil Liburan

Rencana untuk berlibur dengan bayi atau anak tampak seperti kegiatan yang sangat merepotkan dan mungkin saja membuat Anda sedikit panik, khususnya bagi Anda orang tua yang baru saja memiliki bayi atau anak kecil. Tapi jika Anda melakukan persiapan dengan baik dan mengantisipasinya dengan cermat, bepergian pertama kali dengan bayi bisa menjadi pengalaman liburan yang mudah, indah dan menyenangkan!
Pada dasarnya bayi mulai bisa diajak untuk jalan-jalan minimal setelah berusia 1 bulan atau lebih dari sekitar 40 hari. Namun dalam hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi Anda. Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak bayi yang baru lahir untuk pergi jauh. Selain faktor kesehatan, Anda juga harus bisa memprediksi faktor cuaca. Hindari melakukan perjalanan di musim hujan karena rentan menyebabkan gangguan penyakit pada bayi. Adapun tips lain untuk mengajak si kecil jalan-jalan yaitu sebagai berikut:

Perhatikan waktu
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajak si kecil jalan-jalan yaitu waktu. Dalam hal ini Anda harus tahu waktu mengingat kondisi bayi belum sepenuhnya memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Dalam hal ini bayi rentan kelelahan sehingga Anda tidak boleh terlalu lama. Cukup sampai 2 atau 3 jam saja.

Satu tempat
Rencana untuk mengajak si kecil sebaiknya satu tempat saja, jangan terlalu berpindah-pindah tempat karena rentan menyebabkan kelelahan. Tentukan tempat tujuan hanya pada satu tempat saja sehingga tidak mengharuskan bayi untuk beradaptasi dengan banyak hal.

Kenali tempat tujuan
Mengenali tempat tujuan dengan baik akan melancarkan acara jalan-jalan Anda dengan si kecil. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menyusui bayi ataupun mengganti popok.

Hindari tempat terlalu ramai
Tempat yang terlalu ramai sangat rentan terhadap kesehatan si kecil. Hal ini karena sistem imun si kecil masih cukup lemah. Maka dari itu pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai sehingga si kecil merasa lebih nyaman.

Persiapan lengkap
Inilah yang paling penting yang harus diperhatikan. Pastikan semua peralatan dan kebutuhan si kecil lengkap dan tidak ada yang ketinggalan. Baik itu makanan, pakaian dan kelengkapan lainnya. Dengan begitu maka liburan Anda akan terasa lebih menyenangkan dan si kecil akan merasa nyaman dan tidak rewel.

Itulah beberapa tips untuk mengajak si kecil jalan-jalan. Mengajak si kecil jalan-jalan tentunya sangat bermanfaat untuk mengenalkan keindahan alam sehingga menstimulus tumbuh kembangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar