Rabu, 30 Desember 2015

Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Liburan Panjang

Memasuki liburan panjang, merupakan hal yang dinantikan. Rencana perjalanan panjang sudah diatur sedemikian rupa. Umumnya pada saat liburan panjang kita mempunyai rencana untuk bertemu dengan keluarga, sahabat, dan handai taulan di kampung halaman setelah lama tidak berkumpul. Berkumpul bersama, bersenda gurau, dan saling membagi kabar adalah hal mengasyikan yang sangat dinanti.
Namun, keceriaan itu bisa berubah menjadi sesuatu yang tidak mengenakkan manakala saat mudik tubuh kita tidak dalam kondisi yang cukup baik. Kelelahan setelah melakukan perjalanan mudik lebaran yang cukup panjang dan menguras energi, belum lagi agenda silaturahmi yang cukup padat tentunya dapat menyebabkan menurunnya kondisi tubuh kita. Nah, untuk itu diperlukan upaya khusus agar tubuh tetap bugar saat mudik lebaran.

Istirahat cukup

Perjalanan pada saat liburan pangjan pastilah membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi macetnya jalan, dan kepadatan penumpang di tempat-tempat angkutan umum, seperti terminal, pelabuhan, stasiun, ataupun bandara. Untuk itu, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menghadapinya. Istirahat yang cukup sebelum mengawali perjalanan mudik sangat penting, karena akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Siapkan bekal diperjalanan

Siapkan bekal yang cukup untuk di perjalanan, agar dapat menunjang kebugaran tubuh. Bawalah perbekalan seperti air mineral, makanan ringan, dan obat-obatan. Jika Anda memiliki bayi, tentunya Anda sudah harus memprediksi dan menyiapkan susu untuk si kecil agar tidak rewel selama perjalanan.

Jaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan saat mudik juga penting. Usahakan mengkonsumsi makanan yang tentunya memenuhi nilai gizi yang seimbang. Sebaiknya hindari makan makanan yang berminyak seperti gorengan. Hindari pula makanan yang berlemak bagi yang memiliki riwayat penyakit degeneratif. Perbanyaklah konsumsi air putih. Jika diperlukan, ambillah vitamin atau suplemen tertentu untuk membantu menambah daya tahan tubuh.

Lakukan peregangan

Seiring bertambahnya usia, otot-otot Anda menjadi kaku dan jangkauan gerak pada sendi menjadi lebih minimal. Hal ini dapat meredam gaya hidup aktif dan bahkan menghambat gerakan normal sehari-hari. Perjalanan yang panjang dan melelahkan akan mengakibatkan otot-otot menjadi kaku. Untuk itulah Anda membutuhkan peregangan. Selain itu, peregangan juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan energi.

Peregangan otot akan membuat tubuh kembali segar. Lakukan peregangan otot saat istirahat di perjalanan, setidaknya 5 sampai 10 menit. Peregangan harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, apakah Anda berolahraga atau tidak. Ada peregangan sederhana yang dapat Anda lakukan.

Kondisi sehat dan bugar saat mudik menjadikan momen pertemuan keluarga besar Anda makin menyenangkan. Selamat Menikmati Liburan dengan Sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar