Rabu, 25 November 2015

Manfaat Tersembunyi dari Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan sebutan cloves. Tumbuhan cengkeh adalah salah satu jenis tanaman tahunan yang dapat tumbuh secara baik pada daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Tanaman cengkeh dapat tubuh hingga mencapai tinggi 8 sampai 25 meter, dengan bentuk daun lonjong bunganya keluar pada pada pucuknya yang pada awalnya hanya berupa tangkai buah yang berwarna hijau dan akan berubah warna jadi merah pada saat sudah mekar. Cengkeh dapat digunakan sebagai bahan peyedap rasa atau bumbu masakan, akan tetapi selain itu cengkeh dipercaya mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengenal manfaat dari cengkeh ini.
Nah, berikut beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan:
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh

Cengkeh telah dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh/imun dan serta dapat melawan seluruh penyakit mulai dari penyakit ringan hingga yang penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Pada cengkeh terdapat kandungan Eugenol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan pada darah serta dapat mencegah serangan sakit jantung atau sroke, sampai saat ini penelitian terus dilakukan dengan bebagai riset guna mengetahui khasiat dan manfaat lain dari cengkeh untuk kesehatan jantung.

3. Sumber Bernutrisi
Cengkeh merupakan sumber nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh karena kaya akan vitamin hingga nutrisi yang penting lainya yang terdapat pada buahnya, seperti kaya akan magnesium dan juga kalsium. Cengkeh dengan ukuran kecil dan mungil ini mempunyai manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh karena didalamnya kaya kandungan energi yang tinggi serta sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat.

4. Antibakteri dan Jamur
Cengkeh merupakan salah satu bahan alami dalam melawan bakteri yang bisa membahayakan perut, dan menghilangkan bau pada mulut/napas tak sedap. Selain itu, kandungan eugenol yang terdapat pada cengkeh terbukti memiliki zat anti jamur hingga dapat memimalisir terkena panu dan peyakit kulit lainya, cengkeh sangat efektif dalam melawan penyakit kulit yang diakibatkan oleh cacing cincin.

5. Baik untuk Pencernaan
Buah cengkeh adalah salah satu bahan campuran makanan yang baik untuk pencernaan. Cengkeh tidak hanya mampu melawan perut kembung dan bisul, akan tetapi buah cengkeh sangat manjur dalam meredakan rasa mual serta gangguan pencernaan lainya.

Nah, itulah manfaat tersembunyi dari cengkeh, semoga bermanfaat.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar