Rabu, 25 November 2015

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Kemiri dikenal sebagai salah satu tanaman rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Selain berfungsi sebagai salah satu bumbu yang kerap dipakai di berbagai jenis masakan Indonesia, kemiri juga memiliki beberapa khasiat tanaman obat dan khasiat yang lain. Buah kemiri (Aleurites javanica) berasal dari pohom kemiri yang ketinggiannya mencapai 10 sampai 40 meter. Kemiri banyak ditanam orang karena bijinya yang mengandung minyak. Tumbuhan yang berasal dari Maluku ini kadang ditemukan tumbuh liar pada ketinggian 150 sampai 1.000 meter di atas permukaan laut.
Kandungan kimia yang terdapat dalam kemiri adalah gliserida, asam linolet, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah biji, kulit, dan daun.

Berikut beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh:
1. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan penyakit yang menyiksa, untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan getah kemiri yang dioleskan atau teteskan pada gigi yang sakit sebanyak 3 tetesan. Lakukan cara tersebut 3 kali/minggu.

2. Mengatasi Disentri
Disentri merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang biasa menyerang balita sampai orang dewasa. Untuk mengobatinya dapat menggunakan 90 gram kulit pohon kemiri yang direbus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.

3. Mengobati Bisul
Bagi Anda yang menderita bisul dapat diobati dengan minyak kemiri supaya tidak menjalar kebagian yang lainnya. Caranya, siapkan minyak kemiri, daun kangkung 15 lembar, daun bunga pukul empat 10 lembar dan minyak kelapa. Tumbuk hingga halus semua bahan tadi dan tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian yang terdapat bisul dua kali sehari.

4. Mengatasi Susah Tidur
Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

5. Manfaat Kemiri untuk Rambut
Bicara soal manfaat, kemiri memang tepat jika dijadikan bahan alami untuk menyehatkan rambut.
Berikut beberapa khasiat kemiri untuk rambut yang menjadikannya banyak diminati warga:
*. Memberikan warna hitam alami pada rambut.
Di salon Anda bisa menghitamkan rambut, tetapi efek sampingnya masih belum diketahui. Selain itu memilih untuk memberikan warna hitam pekat pada rambut di salon jauh mengikis dompet, maka dari itu tidak ada salahnya Anda memanfaatkan kemiri.
*. Mempercepat laju tumbuh rambut.
Pertumbuhan rambut tidak bisa dipastikan kapan waktunya, Anda hanya perlu sabar dan rutin menjalani langkah yang diharuskan. Sebetulnya masalah pertumbuhan rambut (kesuburan) tergantung pada hormon dan keturunan. Tetapi tidak ada salahnya Anda memaksimalkan dengan memanfaatkan kemiri agar rambut cepat tumbuh dan panjang.

Itulah manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar