Senin, 20 April 2015

Tips Membuat Anak-Anak Agar Selalu Rukun

Hubungan antara saudara kandung, baik yang berjenis kelamin lelaki maupun wanita, tidak selalu berjalan mulus. Namun, hal itu justru penting bagi mereka sebagai ajang latihan bersosialisasi dalam mengatasi ketidaksepahaman. Sekaligus tempat bagi mereka belajar cara menjalin hubungan dengan rekan sebaya atau orang dewasa. Konflik yang terjadi pada saudara sedarah memang tidak terelakkan. Adik dan kakak yang bertengkar memperebutkan sesuatu atau kecemburuan yang kerap kali hadir dalam sebuah keluarga memang selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Anda sebagai orangtua perlu mengingatkan dan menghentikan pertengkaran antara anak-anak Anda. Anda juga harus mengetahui tips efektif yang dilakukan dalam rangka untuk membuat anak-anak akur dan rukun satu sama lain.

Berikut beberapa tips agar anak-anak bisa selalu rukun. 
1. Cobalah untuk selalu bersikap adil pada semua buah hati Anda.
2. Arahkan anak Anda untuk selalu berpikiran positif terhadap saudaranya.
3. Tunjukkan pada mereka bahwa konflik selalu bisa dipecahkan dan diselesaikan dengan baik-baik dan ajari cara pemecahan suatu masalah.
4. Ajari anak-anak Anda untuk mulai melihat segala sesuatu dari perspektif orang lain. Ajari mereka untuk mulai bisa menghormati orang lain.
5. Beri pengarahan kepada mereka untuk bisa mengenali dan mengendalikan emosi mereka saat mereka ada dalam posisi atau keadaan yang sukar.
Berilah pujian kepada anak saat mereka berhasil menghadapi masalah dan berbaikan.

Sebagai orangtua, Anda juga bisa mengatur jadwal bagi mereka untuk beraktivitas bersama-sama dengan lebih intens. Ini akan semakin memperkuat ikatan mereka. Selalu awasi kegiatan mereka dan ajarkan semua poin di atas untuk meminimalisir pertikaian dan konflik.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar