Senin, 20 April 2015

Manfaat Ampuh Si Merah untuk Kesehatan Jantung

Warna merah sering di ibaratkan dengan warna darah, kekuatan, gairah dan cinta. Berbagai macam penelitian pun juga menyatakan bahwa sayuran dan buah yang berwarna merah sangat bagus buat jantung. Selain bagus untuk jantung, sayuran dan buah-buahan berwarna merah juga sangat baik bagi seluruh sistem tubuh. Alasannya karena sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan antioksidan di dalamnya.

Berikut beberapa makanan sehat berwarna merah yang baik untuk kesehatan jantung: 
1. Semangka merah 
Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

2. Apel merah 
Apel merah sangat kaya akan vitamin C dan kalium. Buah ini juga mengandung serat larut yang disebut pektin yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh. Oleh karena itu, apel merah dapat membantu melawan penyakit jantung.

3. Anggur merah 
Anggur merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah ini dapat membantu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah kerusakan otot jantung.

4. Stroberi 
Stroberi mengandung phytonutrient yang disebut fenol yang dapat melindungi jantung dengan mengelola tingkat gula darah dan mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.

5. Tomat 
Tomat memiliki pigmen tanaman yang disebut likopen, yang memberikan warna merah pada tomat dan senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Banyak studi menunjukkan bahwa makan tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit koroner. Tomat dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Delima merah 
Delima adalah buah yang kaya vitamin C dan E, serta kaya serat. Minum segelas jus delima setiap hari dapat membantu menghilangkan plak yang sering menumpuk dalam arteri, sehingga dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

Yuk, menjaga kesehatan jantung kita dengan cara rutin mengkonsumsi buah buahan tersebut di atas.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar