Kamis, 04 Februari 2016

Orangtua adalah Kunci Teladan Pendidikan Anak



Keluarga memegang peranan sangat penting dalam memberikan pendidikan dasar dan pertama terhadap anak. Keluarga dalam hal ini adalah orang tua yang memberikan pengaruh sangat besar terhadap perkembangan karakter seorang anak.

Orang tua memegang peranan penting dalam memberikan pendidikan non formal kepada anak. Pergaulan sosial seorang anak dimulai di keluarga lalu beranjak perlahan-lahan bergaul di luar lingkungan keluarga. Lalu berkembang lagi menjadi lebih luas ketika seorang anak akan menjumpai teman-teman baru di sekolah.

Sebelum seorang anak bergaul di luar keluarga, penting bagi mereka untuk mempunyai pondasi dan perilaku positif yang kuat yang ditanamkan oleh orang tua sejak kecil. Jika tidak demikian akan sulit bagi anak untuk bergaul secara luas di masyarakat. Bahkan anak dengan mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif dalam pergaulan sosialnya.

Dalam memberikan pendidikan terhadap anak, orang tua tidak hanya memberikan perintah semata. Tetapi orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Akan lebih mudah bagi anak untuk meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua. Entah itu baik atau buruk akan mudah diserap oleh anak. Untuk itu hendaknya memberikan contoh perilaku yang positif dan baik. Jika orang tua melakukan hal itu dengan sendirinya anak akan lebih mudah untuk mengikuti karena mereka telah melihat bukti nyata yang dilakukan oleh orang tuanya.

Jika tidak diikuti dengan tindakan nyata dari orang tua. Jangan berharap anak akan mentaati perintah orang tua dengan rela. Karena mereka akan melihat hal yang bertolak belakang. Misalnya orang tua menyuruh anak tidak menggunakan handphone ketika makan tetapi orang tua sibuk chatting dengan temannya saat makan. Maka hal ini akan membuat anak menjadi bingung dan akhirnya tidak mentaati orang tuanya.

Jadi, sadarilah bahwa keluarga adalah tempat pertama dan utama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan. Memang tidak mudah untuk menjalankannya. Tetapi ingatlah, jika Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, berkarakter baik dan mempunyai pikiran positif, berikanlah teladan yang baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar