Jumat, 22 Januari 2016

Manfaat Sehat dari Tanaman Bunga Pagoda

Bunga pagoda (Clerodendrum japonicum Sweet) merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Atau sebagai peneduh di tepi jalan dan pagar rumah. Diberi nama bunga pagoda karena bunganya yang berumpun membentuk seperti pagoda atau piramid. Selain dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah nyatanya ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, salah satunya untuk kesehatan.
Berikut ini beberapa manfaat bunga pagoda bagi kesehatan:
1. Mengobati korengan

Korengan biasanya terjadi karena luka yang belum sembuh total mengalami infeksi sehingga menyebabkannya berwarna coklat dan sangat mengganggu penampilan. Cukup dengan tumbukan bunga dan juga daunnya kemudian di tempelkan pada bagian yang mengalami korengan. Cara ini secara efektif dapat mengikis masalah korengan tersebut.

2. Sebagai obat insomnia
Insomnia atau yang lebih dikenal sebagai gangguan sulit tidur adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang sulit tidur. Jam tidur menjadi berkurang dan tubuh menjadi cepat lemas. Jika tidak segera diatasi tentunya akan menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya juga, mengingat pada dasarnya setiap orang memang butuh tidur. Cara mengatasinya mudah, ambil beberapa kuntum bunga pagoda, biarkan hingga kering dan giling menjadi serbuk yang sangat halus. Ambil beberapa seloki arak manis kemudian seduh menggunakan air hangat dan minum.

3. Sebagai obat bisul
Beberapa orang mungkin sering menderita masalah berupa pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tersebut. Nyatanya tidak hanya rasa sakit bisul juga dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi menurun. Apalagi jika terletak pada tempat yang mudah dilihat oleh orang lain. Cara mengobati bisul sebenarnya juga cukup mudah, cukup tumbuk daun dan juga bunga pagoda kemudian oleskan pada bagian yang mengalami pembengkakan tersebut, secara efektif dapat mengempeskan bisul Anda.

4. Obat untuk wasir berdarah
Wasir disertai dengan darah selain terasa sakit tentunya menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi penderitanya. Namun tidak perlu khawatir karena bunga pagoda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup dengan mengolahnya menjadi makanan yang disukai, ditambah dengan daging atau sayuran lain dan mengonsumsinya sebagai lauk secara teratur, efektif dapat mengobati masalah wasir berdarah tersebut.

5. Untuk mengobati luka
Kandungan bunga dan juga daunnya bersifat anti inflamasi yang secara efektif dapat menyembuhkan luka agar tidak sampai bernanah, cara menggunakannya bisa dengan mengonsumsinya maupun dengan pengobatan luar.

Ternyata selain dijadikan sebagai hiasan untuk pekarangan, bunga pangoda bermanfaat juga bagi kesehatan. Jadi bagi yang memiliki tanaman bunga pagoda di rumah jangan buru-buru untuk menebangnya, tidak ada salahnya menunggu hingga berbunga dan dimanfaatkan sebagai bahan obat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar