Jumat, 22 Januari 2016

Dampak Buruk Membiarkan Anak Banyak Ngemil

Ngemil sepertinya sudah jadi kebiasaan semua orang. Orangtua, remaja, sampai anak-anak, pasti suka ngemil. Selama masih dalam batas yang wajar, ngemil sebenarnya termasuk sehat. Tetapi anak-anak cenderung ngemil sembarangan sehingga orangtua perlu memantaunya agar perkembangan anak tetap optimal. Dampak buruk pertama yang bisa terjadi pada anak ialah soal gizi yang tidak seimbang. Bila anak sulit makan dan lebih sering ngemil, maka kadar gizinya pun menjadi masalah.
Pertumbuhan anak bergantung pada gizi seimbang yang didapatnya. Ketika anak sering ngemil dibanding makan, terlebih camilannya mengandung zat pewarna, penyedap rasa, bahwan pengawet dan sebagainya, maka gizi anak pun bisa memburuk. Camilan sebaiknya hanya dijadikan selingan dan frekuensinya tidak lebih besar dari makan utama.

Selain itu dengan ngemil yang tidak teratur, pola makan anak pun bisa terganggu. Anak bila dibiarkan terus-menerus ngemil, maka ia lebih menyukai camilan tersebut dan merasa kenyang sebelum makan nasi. Padahal nasi atau sumber karbohidrat lainnya dibutuhkan untuk mendukung gizi anak. Camilan tidak akan mencukupi gizi anak dan malah akan membuatnya mudah sakit.

Bahkan tinggi badan yang rendah pada banyak anak Indonesia pun dikarenakan gizi yang buruk. Anak memerlukan asupan vitamin dan nutrisi yang tepat dari berbagai makanan sehat, bukan dari camilan yang sembarangan. Pertumbuhan anak akan semakin optimal bila tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang.

Bahkan kesehatan secara menyeluruh pun bisa berpengaruh ketika anak sudah hobi ngemil dan membenci nasi. Obesitas atau kegemukan akan mengancam anak bahkan diabetes di usia dini. Camilan yang dikonsumsi anak-anak umumnya mengandung kadar gula serta lemak tinggi sehingga jelas membahayakan. Saat mereka terlalu banyak menyantap camilan, berbagai penyakit berbahaya pun mengancam saat dewasa nanti. Seperti kolesterol, darah tinggi dan jantung.

Itulah pentingnya orangtua memberi pengarahan yang tepat dan mengawasi pola makan anak. Sediakan mereka camilan yang menyehatkan seperti buah-buahan dengan sajian yang unik sehingga mereka menyukainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar