Jumat, 04 Desember 2015

Tips Memilih Cemilan yang Sehat bagi Anak

Memberikan cemilan untuk anak merupakan salah satu upaya kita sebagai orang tua untuk menyediakan asupan bermutu bagi anak. Selain kaya akan nutrisi, cemilan sehat juga dapat dijadikan makanan pendamping bagi anak. Namun, sebagai orang tua Anda tentu akan memperhatikan asupan gizi anak Anda dengan memilih cemilan yang sehat dan bergizi. Saat ini banyak sekali cemilan untuk bayi dan balita yang tersedia dalam berbagai aneka macam rasa dan warna. Namun tidak semua dari cemilan tersebut sehat untuk dikonsumsi buah hati Anda.
Berikut beberapa tips tentang cara memilih cemilan yang baik untuk anak.
1. Perhatikan kandungan gizi

Saat Anda hendak membeli cemilan untuk anak, perhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam cemilan tersebut. Pilihan makanan yang mengandung kadar nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Namun sebaiknya Anda mengusahakan untuk memilih cemilan yang tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna.

2. Hindari pemanis buatan
Saat memilih cemilan untuk anak, jangan memilih makanan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan si kecil karena dapat mempengaruhi sistem pencernaan buah hati Anda.

3. Cemilan sehat
Cemilan yang paling baik untuk anak-anak adalah cemilan yang sehat dan masih alami, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh si anak. Untuk bayi, Anda dapat merebus atau mengukus potongan buah dan sayur tersebut supaya lunak

4. Hindari cemilan ber-MSG
MSG merupakan zat yang digunakan pada makanan-makanan saat ini untuk penguat rasa. Zat ini memiliki pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan. Jika anak sering mengkonsumsi makanan dengan penguat rasa, hal ini akan membuat si anak tidak suka sayuran dan hanya mau makan makanan dengan tambahan MSG.

5. Cemilan yang dapat menjadi sumber tenaga
Kegiatan bermain dan belajar sedikit banyak akan menguras energi anak. Agar daya tahan tubuhnya kuat dan metabolisme tubuhnya berfungsi optimal, Anda perlu memberikan cemilan yang dapat menjadi sumber tenaga. Beberapa cemilan lezat nan bergizi seperti kentang rebus atau perkedel, roti, sereal, dan tempe goreng bisa jadi alternatif.

Ajak anak untuk mempersiapkan cemilan sehat ini. Kreasikan juga cara menghidangkannya, misalnya dengan menggunakan piring, mangkuk, cangkir, gelas, serbet atau alat makan lucu beraneka warna sesuai kesukaan anak Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar