Jumat, 04 Desember 2015

Faktor Penyebab Penuaan Dini yang Jarang Diketahui

Penuaan adalah proses perubahan fisik yang terjadi pada setiap orang, hal ini pun terjadi pada kulit Anda, terlihat jelas kerutan pada area T pada wajah. Salah satu faktor terjadi penuaan karena berkurangnya kolagen setiap tahunnya. Contoh terjadinya penuaan pada wajah seseorang terlihatnya, keriput, flek, kulit kering, terlihatlelah, bersisik, kusam dan kasar. Penuaan tidak bisa dihindari, namun Anda dapat mengurangi proses penuaan lebih lambat sehingga usia tidak sesuai dengan kerutan pada wajah. Penuaan pun terjadi berdasarkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang membuat penuaan dini diantaranya keturunan, daya tahan tubuh, kesehatan dan kejiwaan. Pada faktor internal sedikit kemungkinan untuk ditanggulangi. Hal ini dipicu oleh faktor stres dan gaya hidup. Dengan perawatan masker hanya mengobati sedikit kerutan pada wajah Anda, namun ada sedikitnya aura cerah pada wajah Anda.
Berikut beberapa faktor eksternal penyebab penuaan dini:
1. Posisi Tidur

Posisi tidur berpengaruh pada kulit karena kerutanberhubungan dengan gaya gravitasi bumi. Untuk wanita yang sering tidur miring biasanya memiliki kerutan di sekitar pipi dan mulut. Pada posisi tidur pria, biasanya tengkurap, posisi ini akan menimbulkan kerutan pada dahi. Posisi tidur yang efektif adalah terlentang tanpa bantal, dengan posisi lurus dan gravitasi ke bawah, kerutan tidak akan cepat muncul.

2. Sinar Matahari
Untuk menghindari pengaruh buruk sinar ultra violet adalah dengan mengenakan bedak yang mengandung tabir surya.Paparan sinar matahari yang berbahaya antarapukul 10.00-15.00. Sinar matahari yang berlebihan akan menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit, pembentukan radikal bebas, salah satu penyebab terjadinya flek pada wajah, dan juga menurunkan fungsi kekebalan kulit.

3. Radikal Bebas
Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil terbentuk dari metabolisme, radikal bebas terbentuk dari gaya hidup yang kurang sehat hingga akhirnya menggerogoti sel-sel tubuh salah satunya kolagen dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kanker. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada makanan juga berpengaruh besar pada terbentuknya radikal bebas. Pencegahan terbentuknya radikal bebaspun dapat dilakukandengan cara mengatur pola makan, diet sehat, lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

4. Kurang Nutrisi
Kurangnya asupan nutrisi, vitamin, serat yang terkandung pada sayuran, buah-buahan sangatberpengaruh penting untuk masa kulit. Kondisi kulit yang semakin menurun setiap tahunnya sangat bergantung pada makanan yang Anda makan. Inilah hal yang harus diperhatikan oleh Anda setiap harinya, dari segi makanan serta pola tidur yang cukup, minum air putih minimal 8 gelas sangat membantu kesegaran kulit. Karena kulit pun butuh nutrisi untuk melawan dampak buruk dari sinar matahari, radikal bebas dan polusi.

5. Alkohol
Bagaimanapun alkohol mengandung zat-zat yang merugikan organ-organ tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol lebih dari 2 gelas sehari, akan menyebabkan penurunan kondisi kulit. Ada beberapa dampak dari meminum alkohol, diantaranya akan membuat wajah berjerawat hal ini dikarenakan alkohol dapat membuat pembuluh darah membesar, dapat membuat dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi kering pada masanya, penyakit rosacea rata-rata diderita oleh orang yang berumur 30 tahun keatas, ciri-ciri orang terkena rosacea kulit muka yang kemerah-merahan karena pembuluh darah bercabang untuk pengobatannya pun perlu di laser atau pengobatan topikal.

Itulah faktor penyebab penuaan dini yang perlu Anda ketahui.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar