Selasa, 10 November 2015

Manfaat Sehat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui

Pepaya (carica papaya) adalah buah segar yang sangat disukai oleh banyak orang, selain enak buah ini sangat baik jika disantap ketika musim panas. Dengan kesegaran yang dimilikinya, buah ini tidak pernah memberikan rasa bosan pada orang yang menyaptapnya. Selain memiliki rasa segar, buah pepaya sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.Mulai dari buah, daun, sampai biji nya pun bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun seringkali orang mengabaikan dan membuang biji pepaya dan hanya memakan buah nya saja, padahal sangat banyak manfaat yang didapat dari biji nya tersebut. Jika Anda tidak percaya bahwa biji pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Berikut ini beberapa manfaat dari biji pepaya untuk kesehatan Anda.
Menurunkan kadar kolestrol
Tahukah Anda bahwa biji pepaya mengandung zat antikolestrol yang hebat? Sehingga dengan cara mengonsumsi biji pepaya akan menurunkan kadar kolestrol darah Anda. Hal ini sudah teruji dalam penelitian yang mengatakan bahwa biji pepaya terbukti secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Mengobati sirosis hati
Penyakit sirosis yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, dimana hati menjadi menyusut dan mengeras. Nah hal ini bisa diatasi dengan cara mengonsumsi bji pepaya, karena cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan racun yang ada dialam tubuh sehingga dapat mencegah berbagai masalah yang serius. Jadi, jika Anda mengalami penyakit ini maka cobalah untuk konsumsi biji pepaya ini rutin.

Menyingkirkan racun yang menumpuk di usus dan lever
Biji pepaya sangat bermanfaat untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk diusus dan lever. Jadi jika Anda mengonsumsi jus biji pepaya berati Anda sudah melindungi ginjal dan racun yang memicu penyakit gagal ginjal. selain itu biji pepaya juga mampu membunuh parasit yang bersarang didalam pencernaan. Konsumsi biji pepaya jika ingin memiliki pencernaan yang sehat.

Mencegah infeksi parasit dan lainnya
Dengan kandungan enzim proteolitik yang tinggi didalam biji pepaya dapat membantu Anda membersihkan tubuh dari parasit. Biji pepaya dapat memecahkan parasit dan telur nya seingga tubuh akan terlindungi dari parasit yang mematikan. Selain itu biji pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang sanggat ampuh membunuh cacing parasit dan amuba. Jika rutin konsumsi biji pepaya maka dapatkan tubuh bersih dan sehat.

Cara mengolah biji pepaya sangat mudah, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya. Pertama, Cukup diblender menjadi jus bersama dengan daging buahnya. Dan kemudian diminum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari . Kedua, Dengan mengeringkan, menghaluskan menjadi serbuk, lalu menyeduhnya seperti minum kopi. Sekalipun manfaatnya sangat baik bagi kesehatan, namun sebagai tindakan pencegahan, wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya karena bisa mengakibatkan resiko keguguran. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar