Selasa, 10 November 2015

5 Metode Ini Sering Digunakan dalam Mengajar

Untuk mengajar siswa sesuai dengan cara-cara belajar mereka sehingga tujuan
pembelajaran dapat dicapai dengan optimal ada berbagai motode pembelajaran. Dalam
prakteknya, guru harus ingat bahwa tidak ada motode pembelajaran yang paling tepat untuk segala situasi dan kondisi. Oleh karena itu, dalam memilih motode pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas atau media yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri.
Pertimbangan yang lazim dalam memilih dan menggunakan metode mengajar adalah karakter materi pelajaran dan karakter siswa, ketersediaan sarana dan prasarana belajar, dan lain sebagainya.Dapat dikatakan kalau tidak satu pun metode mengajar yang bagus kecuali yang sesuai dengan pertimbangan tersebut. Namun demikian yang paling populer dan sering digunakan guru adalah metode ceramah, metode tanya jawab dan metode diskusi. Mengapa paling populer? Metode ini sangat praktis dan tidak membutuhkan perlengkapan belajar yangbanyak.

Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu metode dimana guru menggunakan atau memberi pertanyaan kepada murid dan murid menjawab, atau sebaliknya murid bertanya pada guru dan guru menjawab pertanyaan murid itu.

Metode Diskusi
Metode diskusi banyak jenisnya namun yang paling dikenal dalam pembelajaran adalah diskusi kelompok. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi pelajaran.

Metode Ceramah
Metode ceramah lebih banyak digunakan guru dalam menjalankan pembelajaran. Lebih instan karena guru tinggal berceramah dalam menyajikan materi. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam berceramah adalah teknik berceramah yang mengaktifkan siswa secara fisik dan psikis.

Metode Demonstrasi
Demonstrasi merupakan bagian dari metode eksperimen. Digunakan apabila alat dan bahan praktikum tidak memadai. Guru atau kelompok siswa mendemonstrasikan proses ilmiah sesuai topik pelajaran yang dipilih.

Metode Eksperimen
Metode ini sering dianggap paling bagus dalam pembelajaran. Digunakan apabila tersedia segala bahan dan alat praktikum yang dibutuhkan. Pada mata pelajaran sains, metode ini dilaksanakan di laboratorium IPA.

Itulah mengenai metode mengajar yang populer digunakan dalam pembelajaran. Tidak menutup kemungkinan masih ada metode-metode yang populer yang lain yang bisa masuk ke dalam kategori metode pembelajaran yang tergolong sangat sering digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar