Selasa, 10 November 2015

Suka Dengar Musik Pakai Headset? Hati-Hati!

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, tidak hanya memberikan dampak positif saja. Namun, terkadang teknologi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berdasar penelitian, efek buruk datang jika menggunakan headset saat mendengarkan musik selama lima jam dalam seminggu. Dampak terparahnya adalah kerusakan permanen pada telinga, dan kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.
Beberapa cara untuk mengurangi kerusakan pendengaran adalah dengan mengurangi volume suara dan mengurangi waktu untuk mendengarkan dengan headset. Namun seringkali juga orang-orang menggunakan headset pada tempat-tempat yang ramai seperti stasiun kereta, terminal bus ,dsb, jadinya tanpa sadar cenderung untuk meningkatkan volume lebih keras lagi.

Berikut bebarapa efek negatif headset untuk kesehatan:
1. Kehilangan pendengaran di usia muda

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Jika hal ini di biarkan akan dapat berakibat fatal pada seseorang. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

2. Kerusakan pada telinga
Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari headset yang langsung terhubung dengan lubang telinga, biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja. Kerusakan ini dapat berakibat fatal pada pendengaran seseorang bila terjadi secara terus menerus, bahkan dapat berakibat kerusakan secara permanen.

3. Kerusakan pada otak
Tidak hanya telinga saja yang bisa terkena dampak negatif oleh headset, Otak pun juga bisa terkena dampak tersebut. Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik pada headset dapat berpengaruh pada otak penggunanya. Meskipun belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik tersebut. Namun yang jelas kita harus tetap waspada dan mengurangi penggunaan haedset atau earphone.

4. Ambang pendengaran
Paparan musik dengan headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen. Karenanya Anda harus menggunakan headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

Jika Anda sudah merasa tidak nyaman, contohnya saja telinga nyeri saat menggunakan headset, maka segera hentikan pemakaiannya. Selain itu, usahakan untuk mendengarkan musik dari headset dengan volume standar. Jika saat menggunakan headset Anda sama sekali tidak bisa mendengar suara lain di sekitar, itu tandanya volume sudah terlalu kencang dan harus dikurangi agar tidak menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar