Kamis, 02 Juli 2015

Ini Faktor Penyebab Terganggunya Kesehatan Mata

Mata sehat menjadi hal yang utama untuk menunjang penampilan seseorang. Jika mata mengalami masalah, maka aktivitas pun akan terganggu. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami masalah mata seperti misalnya gaya hidup, budaya kerja, lingkungan sekitar ataupun dari kebiasaan masing-masing individu. Perhatian dan perawatan akan kesehatan mata menjadi hal penting yang harus dilakukan. Mata menjadi bagian yang sangat mudah terkena dampak tersebut, sehingga kita harus selalu memperhatikan perawatan kesehatannya. Untuk menghindari mata yang bermasalah, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Faktor apa saja yang bisa merusak kesehatan mata?

Sinar Ultraviolet 
Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat membahayakan bagi kesehatan mata kita. Sinar ini dapat membakar kornea dan menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina. Selain itu, sinar ultraviolet juga dapat meningkatkan resiko katarak mata. Jadi, sebaiknya Anda selalu memakai kacamata hitam setiap kali Anda pergi keluar.

Mengerutkan mata 
Kadang kita tidak sadar telah memberikan banyak tekanan pada mata, seperti saat menonton TV, bekerja di depan layar komputer, atau membaca berjam-jam. Tekanan yang berlebihan ini membuat otot-otot sekitar mata mengalami kerusakan. Akibatnya, gangguan penglihatan pun akan Anda alami.

Merokok 
Sudah kita ketahui bersama bahwa merokok memberikan beberapa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dampak buruk akibat merokok pada kesehatan organ tubuh manusia juga bisa menyerang organ vital manusia yaitu mata. Banyaknya kandungan bahan kimia yang di miliki rokok dapat merusak bagian sensitif pada retina yang disebut makula.

Penggunaan komputer secara berlebihan 
Saat ini orang memiliki kecenderungan untuk tidak bisa lepas dari televisi, komputer, laptop, tablet dan gadget lainnnya. Gadget tersebut bisa digunakan untuk bekerja, belajar atau sekedar mencari hiburan. Hanya saja seringkali tidak disadari bahwasanya kebiasaan yang dilakukan sudah cukup berlebihan. Melihat layar lebih dari 6 jam tanpa jeda bisa membuat mata lelah, tegang, iritasi, kurang peka terhadap cahaya dan gangguan lainnya. Jika memang ssulit untuk mengurangi karena pekerjaan pastikan untuk memberikan jeda.

Memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes 
Kedua penyakit ini jika tidak dikelola dengan baik bisa membahayakan organ penglihatan. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan retinopati hipertensi dimana mata memiliki kesulitan untuk memfokuskan gambar atau penglihatan. Sedangkan diabetes bisa menyebabkan glaukoma bahkan kebutaan.

Demikian penyebab mata mengalami kerusakan yang harus Anda hindari. Agar mata Anda tidak mengalami masalah, lebih baik Anda mencegah daripada mengobati.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar