Kamis, 02 Juli 2015

Benarkah Rambut Uban Tidak Boleh Dicabut?

Saat uban atau rambut putih muncul biasanya orang menjadi malu dan berusaha menghilangkannya dengan cara dicabut. Benarkah rambut putih ini tidak boleh dicabut karena bikin tambah banyak uban? Tentu saja informasi tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Setidaknya ketika dikaitkan dengan kesehatan bukan mitos atau alasan lainnya. Biasanya yang banyak berkembang informasinya ketika rambut putih dicabut justru akan membuat munculnya rambut putih semakin banyak, benarkah demikian? Setiap rambut pada kulit kepala manusia memiliki akar yang memiliki struktur khusus. Akar rambut yang disebut dengan folikel rambut itu dikatakan memiliki struktur layaknya tas kecil. Kandungan melanosit pada folikel rambut dijelaskan bisa menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna pada rambut.

Seiring berjalannya waktu terutama berkaitan dengan usia seseorang maka sel-sel pigmen pada folikel rambut pun akan berkurang. Hal ini tentu membuat rambut tidak memiliki kandungan melanin yang cukup banyak. Itulah mengapa kemudian muncul rambut yang berwarna abu-abu atau putih. Lalu benarkah rambut beruban tidak boleh dicabut? Sebaiknya rambut putih tersebut meskipun hanya satu atau dua saja memang tidak perlu dicabut. Mengapa? Hal ini dikarenakan justru bisa merusak syaraf-syaraf, akar rambut atau folikel rambut. Ketika akar rambut rusak justru bisa menimbulkan adanya infeksi.

Kebiasaan mencabut rambut beruban justru membuat rambut semakin tipis. Toh, dengan sendirinya rambut tersebut akan rontok jadi tidak perlu dicabut. Uban sendiri sebenarnya tidak bisa dicegah. Setiap orang akan mengalaminya hanya waktunyalah yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan faktor genetik. Jika anggota keluarga cenderung cepat mengalami rambut beruban maka jangan heran jika meskipun usia masih dianggap muda ternyata rambut sudah mulai beruban.

Ada juga faktor lain yang membuat rambut cepat beruban misalnya memiliki penyakit tertentu seperti anemia, memiki gangguan pada metabolisme, terjadi menopause dini, perokok, kekurangan vitamin tertentu dan sebagainya.

Jadi meskipun sudah mulai muncul rambut yang beruban sebaiknya tidak perlu mencabutnya karena justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada syaraf kulit kepala. Jika Anda merasa malu dengan munculnya rambut beruban, saat ini ada banyak cara untuk menutupinya. Misalnya menggunakan pewarna rambut. Namun sebaiknya memiliki pewarna rambut yang tepat sehingga tidak akan merusak struktur maupun akar rambut Anda.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar