Kamis, 25 Juni 2015

Benarkah Berhenti Makan Nasi Putih Baik untuk Kesehatan?

Nasi putih merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi putih juga dijadikan sebagai karbohidrat utama yang bisa dimakan bersama aneka sayur dan lauk pauk. Sebagai karbohidrat utama, manfaat nasi putih tentu mengenyangkan kita. Masih ada yang kurang rasanya jika belum makan nasi putih. Alhasil pada saat beras sulit diperoleh atau harga beras melambung tinggi, tidak sedikit yang merasa kelimpungan. Namun tidak sedikit yang merasa biasa saja karena menganggap masih banyak sumber karbohidrat lainnya. Bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan berhenti makan nasi justru baik untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki manfaat mampu memberikan cadangan energi sehingga badan bisa digunakan untuk beraktifitass. Namun konsumsi nasi juga dikatakan memberikan banyak gangguan kesehatan. Termasuk diantaranya menjadi pemicu bertambahnya berat badan. Dan inilah beberapa manfaat yang diperoleh ketika berhenti makan nasi khususnya nasi putih:

Menghindari risiko sembelit 
Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih memiliki kecenderungan dengan sangat sedikit serat. Alhasil jika terlalu mengandalkan nasi putih untuk konsumsi harian tanpa tambahan sayur dan buah yang seimbang maka bisa terkena gangguan sembelit atau susah buang air besar.

Mampu menjaga kadar gula darah 
Jika Anda memiliki keluhan penyakit diabetes, membatasi atau menghentikan konsumsi nasi putih adalah pilihan tepat. Karena ketika konsumsi nasi putih dilakukan secara berlebihan maka bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jika tetap tidak bisa menghindar dari nasi, sebaiknya ganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah.

Menjaga berat badan tetap stabil 
Kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi putih memungkinkan berat badan seseorang bisa bertambah dengan cepat. Apalagi nasi putih juga memiliki kecenderungan membuat seseorang mudah lapar. Sebanyak apapun nasi yang dikonsumsi tetap saja bisa membuat orang mudah lapar.

Jadi, Anda berani untuk berhenti mengonsumsi nasi putih? Jika sulit maka bisa dicoba dengan membuat jadwal berapa hari sekali tidak makan nasi tetapi diganti dengan banyak sayur, buah, protein nabati dan sebagainya. Alhasil tidak hanya kenyang saja yang diperoleh tetapi juga terpenuhinya kandungan nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh.

sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar