Senin, 01 September 2014

Pentingnya Arti Keluarga bagi Si Anak?

Keluarga merupakan lembaga yang fenomenal dan universal. Di dalamnya terdapat anak-anak yang dipersiapkan untuk bertumbuh. Keluarga adalah lembaga masyarakat paling kecil tetapi paling penting. Keluarga adalah bagian dari anggota masyarakat. Segala kebiasaan, tingkah laku, aturan, serta didikan yang diterapkan sangat mempengaruhi kepribadian seorang anak. Fungsi keluarga dalam rangka membentuk kepribadian seorang anak memiliki peranan yang sangat besar. Kepribadian yang dimiliki oleh sang anak tentu saja bergantung dari pola pikir serta cara didik yang diterapkan oleh orang tuanya.

Akhlak, akidah dan hal lainnya sebagai pembentuk kepribadian sang anak memang bergantung dari bagaimana keluarga tersebut memberikan pendidikan. Perilaku yang ditunjukkan oleh anak akan menjadi suatu penyempurna interaksi antara anggota keluarga. Di waktu yang sama, interaksi yang ditunjukkan tersebut nantinya secara perlahan akan membentuk kepribadian dalam dirinya. Dengan begitu karakter tersebut akan menguatkan perilakunya di dalam kondisi yang dilaluinya dalam kehidupan.

Di sini fungsi keluarga begitu terlihat. Beragam lukisan kondisi yang telah ia lalui dalam kesehariannya menjadi suatu acuan bagi mereka untuk membentuk pribadi dan karakter mereka. kita tahu bahwa ayah dan ibu memiliki tugas yang cukup sentral atau utama dalam hal tersebut.

Fungsi keluarga sebagai suatu pelaksana dalam rangka terwujudnya nilai, keyakinan, serta budaya di dalam suatu masyarakat. Ayah dan ibu wajib melakukan seluruh tugasnya dihadapan sang anak. Khususnya seorang ibu, ia memiliki peran penting dalam rangka menjaga akhlak, kejiwaan, serta jasmani anak.

Hal tersebut tentu saja dimulai sejak anak masih dalam usia kandungan. Faktor lingkungan masyarakat sebenarnya juga ikut andil dalam rangka pembentukan kepribadian sang anak. Namun porsi yang diberikan sangat sedikit jika dibandingkan dari dalam lingkungan suatu keluarga.

Melalui perawatan serta perlakuan yang tepat dari orang tua, anak mampu tercukupi kebutuhan dasarnya. Sebuah keluarga yang bahagia, tentu saja akan mempengaruhi perkembangan emosi dari anggota lainnya terutama anak. Kebahagiaan tersebut mampu dirasakan oleh anak jika fungsi keluarga serta perannya mampu berjalan dengan baik.

Fungsi dasar keluarga bagi anak adalah mendatangkan rasa aman, nyaman, kasih sayang, dan suatu perlindungan. Begitu banyak fungsi keluarga bagi sang anak. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika sang anak tumbuh dan hidup tidak dalam lingkungan keluarganya. Bekal kepribadian serta karakternya mungkin bisa dipatikan sangat kurang.

Karena keluarga berfungsi untuk menjaga dan menumbuh-kembangkan anggotanya, maka diperlukan orangtua yang bijaksana, sebab sikap orangtua akan mempengaruhi cara mereka memperlakukan anak dan mempengaruhi perilaku anak. Pada dasarnya hubungannya orangtua-anak tergantung pada sikap orangtua, dimana hal ini juga diperoleh melalui pengalaman belajar sebelumnya dari orangtua mereka.

Sumber: kesekolah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar