Kamis, 09 Februari 2017

Mau Jadi Anak Berprestasi di Sekolah? Ikuti 6 Tips Ini

Menjadi anak yang berprestasi tentunya menjadi impian semua orangtua. Orangtua akan bangga kepada anaknya bila banyak prestasi yang diperoleh sang anak saat menempuh pendidikan di sekolah, baik itu prestasi akademik seperti memperoleh juara kelas ataupun prestasi non akademik. Namun tentunya untuk bisa meraih prestasi bukanlah hal yang mudah, untuk meraihnya perlu usaha keras dari diri sendiri, karena segala sesuatu itu perlu proses, untuk mendapatkan impian itu tidak ada yang instan.
Bagi Anda yang ingin meraih prestasi belajar di sekolah, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:
1. Niat

Semua berawal dari niat, jika Anda ingin menjadi seorang anak yang berprestasi, niatkan pada diri Anda sendiri bahwa akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mewujudkan mimpi untuk meraih juara atau berprestasi di sekolah.

2. Mencari tahu tipe belajar Anda
Banyak ragam tipe belajar seseorang, ada yang nyaman ketika belajar dengan mendengarkan, ada yang harus rajin membaca dan terus mengulang pelajarannya atau yang lain sebagainya. Jadi, cari tahu tipe belajar Anda, karena dengan mengetahuinya belajar Anda akan menjadi efektif dan efisien.

3. Mengatur waktu dengan baik
Siswa yang berprestasi harus selalu pandai membagi- bagi waktunya, kapan harus belajar, bermain, beristirahat dan membantu orangtua. Cobalah untuk mengelola waktu Anda sebaik mungkin.

4. Banyak berlatih dengan mengerjakan soal
Salah satu usaha mendapatkan prestasi di sekolah, tentu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Bisa itu karena terbiasa, saat Anda dapat membiasakan diri untuk berlatih mengerjakan soal latihan, lama kelamaan Anda akan terbiasa bahkan untuk mengerjakan soal sulit sekalipun.

5. Terus semangat
Semangat belajar tentu harus terus menerus Anda pelihara, kekonsistenan Anda belajar merupakan hal yang utama. Belajar bukanlah seberapa lama Anda membuka buku, tapi seberapa sering Anda membaca dan seberapa banyak materi yang Anda kuasai. Oleh karena itu semangat belajar harus selalu Anda pelihara dengan baik.

6. Jaga kesehatan tubuh
Kesehatan tubuh juga merupakan faktor penting untuk menunjang prestasi, bagaimana mungkin Anda bisa fokus dan semangat belajar apabila kesehatan tubuh Anda tidak baik, bagaimana mungkin bisa mengerjakan soal dengan teliti dengan penuh konsentrasi bila sedang sakit. Oleh karena itu, harus selalu menjaga kesehatan tubuh, seperti istirahat yang cukup, olahraga, dan menjaga pola makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar